Komunitas Kretek
7 Tempat di Yogyakarta yang Bakal Bebas Asap Rokok - Printable Version

+- Komunitas Kretek (http://komunitaskretek.or.id/forum)
+-- Forum: Kretekus Regional (/forumdisplay.php?fid=27)
+--- Forum: Kretekus Jogja (/forumdisplay.php?fid=28)
+--- Thread: 7 Tempat di Yogyakarta yang Bakal Bebas Asap Rokok (/showthread.php?tid=359)



7 Tempat di Yogyakarta yang Bakal Bebas Asap Rokok - goddeszen - 02 Sep 2013 03:23 PM

Sebanyak tujuh tempat di Yogyakarta direncanakan bebas asap rokok pada 2013 untuk menekan angka kematian warga kota setempat akibat rokok. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Yogyakarta telah menetapkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Kawasan Tanpa Asap Rokok melalui Rapat Paripurna, Senin, 7 Januari 2013.

Koordinator Tim Pengusul Raperda Kawasan Tanpa Asap Rokok DPRD Kota Yogyakarta, Toni Ariestiono, mengatakan tempat yang bebas rokok dalam Raperda meliputi sekolah, tempat kerja, tempat bermain, tempat ibadah, angkutan umum, rumah sakit, dan fasilitas umum lainnya.

"Di tempat-tempat itu, semua kegiatan yang berhubungan dengan rokok dilarang, termasuk promosi atau iklan rokok," kata dia.

Menurut Toni, Rancangan Peraturan inisiatif ini dibuat berdasarkan Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan, yang mewajibkan daerah membentuk PerdaKawasan Tanpa Rokok. Peraturan daerah Kawasan Tanpa Rokok bertujuan melindungi kesehatan perokok pasif. "Perokok pasif membutuhkan udara segar. Mereka juga punya hak untuk tidak terkontaminasi para perokok," katanya.

Ia menambahkan, DPRD Kota Yogyakarta sedang membahas sanksi yang diterapkan bagi orang yang merokok di tujuh tempat itu. Usulan sementara tim DPRD Kota Yogyakarta bagi yang melanggar akan dikenai denda sebesar Rp 100 ribu.

DPRD, menurut Toni, menargetkan Raperda Kawasan Tanpa Asap Rokok disahkan menjadi Perda pada 2013. Rancangan Peraturan itu akan dibahas secara intensif melalui panitia khusus (pansus) bersama tim dari Pemerintah Kota Yogyakarta.

Raperda Kawasan Tanpa Asap Rokok menurutnya baru dibahas saat ini karena dewan membutuhkan proses untuk menyelesaikan draft naskah akademik. DPRD Kota Yogyakarta melibatkan tim ahli dari Universitas Sanata Dharma untuk membuat draft naskah akademik.

DPRD Kota Yogyakarta, Toni menambahkan, juga sedang membahas kewajiban bagi pengelola tujuh tempat itu menyediakan ruang khusus untuk perokok, menjauhi para perokok pasif. "Ruang tanpa rokok bisa seperti yang ada di Bandara Adi Sutjipto. Langkah ini untuk menghormati para perokok." katanya.


sumber : 7 Tempat di Yogyakarta yang Bakal Bebas Asap Rokok


RE: 7 Tempat di Yogyakarta yang Bakal Bebas Asap Rokok - kurniawanadhii - 03 Sep 2013 11:48 AM

Semoga dalam proses pembahasannya melibatkan stakeholder2 terkait agar aplikasi KTR memang memuaskan semua pihak. Jangan seperti di Semarang penerapan KTR hanya berupa aturan saja, namun ruang khusus merokoknya tak dibuatkan. mirissssss


RE: 7 Tempat di Yogyakarta yang Bakal Bebas Asap Rokok - kretek - 08 Sep 2013 01:01 AM

Tenang, sudah digagalkan kook. Lanjut ngrokok lagi


RE: 7 Tempat di Yogyakarta yang Bakal Bebas Asap Rokok - kurniawanadhii - 08 Sep 2013 10:22 PM

Mari ngretek lagi bung.. bull.. bull
Mari ngretek bersama dan kukuhkan Yogyakarta sebagai Provinsi dengan kesitemewaannya yang memiliki sejuta budaya
#SelamatkanKretek