Pemain Sepakbola dan Rokok

Seiring dengan berbagai kampanye anti rokok yang kian marak, maka semakin banyak pula berbagai artikel yang mengatakan bahwa rokok adalah sumber dari berbagai macam penyakit. Dan kemudian dilanjutkan dengan satu stigma bahwa seorang perokok adalah seorang yang sakit. Yang artinya, kesehatan dan kebugaran dari seorang perokokpun diragukan. Dan lebih jauh lagi, orang yang sakit adalah orang yang tidak berprestasi, dan segala macam lainya.

Di Eropa, kampanye anti rokok tersebut bahkan sudah masuk dalam ranah sepakbola. Baru-baru ini beberapa klub sepakbola dan beberapa pemain diantaranya juga disibukan dengan kampanye anti rokok. Barcelona yang mempunyai segudang pemain top adalah salah satu pioneer dari kampanye tersebut. Adalah Carles Puyol, Xavi Hernandes dan Andreas Iniesta yang menjadi motor anti rokok dari klub tersebut. Untung saja Cesh Fabregas yang merupakan pesepakbola idola saya, tidak ikut andil.

Namun demikian, tak sedikit pula dari pemain sepakbola papan atas yang juga seorang perokok. Yang tentunya mempunyai skil yang tinggi dan prestasi yang tak kalah dari mereka yang anti rokok. Berikut ini adalah mereka para pemain sepakbola yang juga adalah seorang perokok:

Diego Armando Maradona

Siapa tak kenal pemain satu ini. Salah satu pemain legendaris yang dimiliki oleh dunia. Kegesitanya dalam mengolah si kulit bundar, dipadukan dengan kecerdikan dan kecerdasanya, menghasilkan prestasi yang segudang. Dibalik kelegendaanya, ternyata pemain ini juga adalah seorang perokok aktif. Artinya seorang perokok tidaklah berbanding terbalik dengan prestasinya dilapangan. Bahkan karena kemampuanya yang hebat tersebut, dia bahkan dipuja layaknya Tuhan bagi beberapa orang di Argentina.

Zinedine Zidane

Ini adalah legenda lain dari dunia sepakbola. Pemain ini dikenal dengan kemampuan penguasaan dan dribbel bola yang fantastis. Gelar piala dunia, peobatan pemain terbaik dunia sampai dengan berbagai prestasi di klub telah ditorehkan pemain yang digadang-gadang mempunyai keseimbangan grafitasi yang tinggi, yang membuatnya memiliki kemampuan mengolah bola dengan luar biasa. Pameo yang mengatakan bahwa “seorang Prancis itu harus merokok” sepertinya telah melekat pada dirinya. Menjelang semi final piala dunia 2006 melawan Protugal, dia tertangkap kamera sedang merokok.

Wayne Rooney

Romornya dia dapat menghabiskan sebungkus rokok dalam satu hari. Namun lihat saja kemampuan dia dilapangan dan peran besarnya bersama klubnya Manchester United atau bagi tim nasional Inggris.  Tanpa kehadirnya, kesebelasan-kesebelasan tersebut seperti tak mempunyai taji di lapangan. Berbagai peringatan dari sang pelatih seperti tak dia indahkan, karena tak hanya sekali dia diberi peringatan oleh Ferguson. Namun sepertinya, merokok tak mempengaruhi permainanya di lapangan. Tetap saja dia mempunyai fisik dan kemampuan yang hebat.

Ashely Cole

Bek kiri Chelsea yang sebelumnya bermain untuk Arsenal ini pernah tertangkap kamera sedang merokok disuatu tempat. Dari gambar yang diambil tersebut, terlihat dia seperti sudah terbiasa menghisap rokok. Berbagai macam wacana tentang bahaya merokok bagi kesehatan, sepertinya tidak dia terima mentah-mentah. Bahkan pada satu kesempatan, dia pernah membantah dampak negative yang ditimbulkan akibat merokok. Hal tersebut dia tunjukan dengan prestasinya di lapangan yang selalu menjadi pilihan utama di sektor kiri pertahanan tim nasional Inggris dan mampu menghantarkan Chelsea menjadi juara liga Champions tahun lalu.

Mario Balotelli

Sosok yang satu ini memang tak henti-hentinya menjadi pembicaraan di media, baik kemampuanya di lapangan ataupun perilakunya diluar lapangan. Dan salah satu yang kerap kali diberitakan oleh media adalah kebiasaan merokoknya yang tidak bisa dia hentikan. Bahkan Roberto Mancini, pelatihnya di Manchester City pernah menegurnya dengan keras karena merokok diruang ganti pemain. Namun pemain yang kerap menjadi korban rasialis tersebut seperti tak menghiraukan apa yang diucapkan sang pelatih. Nyatanya dia selalu tampil luar biasa jika dimainkan oleh pelatih.

Tentu masih banyak sekali para pemain sepakbola yang masih aktif ataupun yang sudah menjadi legenda dan juga perokok. Dan yang tersebut diatas hanyalah sebagian kecil saja. Sebtulah Dimitar Berbatov, Ronado Luis Nazario de Lima, Francesco Macheda, Mezut Ozil, Fabian Barthez, Gerard Pique, William Gallas, Paul “Gazza” Gascoigne, Slevan Bilic, David Ginola, Joey Barton, Alesandro Nesta, Frank Rijkaard dan lainya.

Mereka membalikan berbagai macam mitos tentang orang yang tidak merokok berbanding lurus dengan prestasi. Dan sederhana cara mereka membuktikanya. Segudang prestasi dan pengakuan dunia atas kemampuanya mengolah si kulit bundar.