10 Pemantik Unik di Dunia

pemantik unik
pemantik unik

Agaknya, para perokok mesti berterima kasih kepada Carl Auer von Welsbac, ilmuwan asal Austria yang berhasil menemukan batu api. Hasil temuannya itulah yang kemudian dimanfaatkan Louis Ronson, seorang pengrajin logam, untuk membuat pemantik api. Ronson berhasil membuat pemantik dengan ukuran yang lebih kecil. Sehingga, lebih mudah untuk digunakan dan dibawa. Berbeda dari Doberiner’s Lamp, pemantik pertama yang dibuat ahli kimia asal Jerman Johan Wolfgang Doberiner yang seukuran lampu petromak.

Ilustrasi pemantik pertama, Doberiner’s Lamp.
Ilustrasi pemantik pertama, Doberiner’s Lamp.

Tanpa jasa mereka, perokok bisa membayangkan betapa susahnya mereka untuk sekedar menyalakan rokok. Pasalnya, ia harus mencari Doberiner’s Lamp terlebih dahulu yang hanya bisa ditaroh di tempat tertentu sedangkan bepergian dengan membawa Doberiner’s Lamp  tentu saja akan sangat merepotkan. Sekarang, dengan bentuk yang lebih kecil dan simple, para perokok dapat membawa serta pemantik kemana pun ia pergi, karena cukup menaruhnya di dalam saku.

Teknologi di bidang pemantik rupanya terus mengalami perkembangan. Terutama dari katalis yang digunakan. Mulai dari platinum yang ada pada Doberiner’s Lamp, batu api, dan kemudian  “Piezoelektrik”, dua kabel kecil yang dapat mengeluarkan aliran listrik. Teknologi pemantik yang kian maju memungkinkan munculnya pemantik-pemantik dengan beragam bentuk, dari mulai yang terbilang lucu sampai yang tampak sangar.

Berikut ini adalah beberapa bentuk pemantik unik di dunia:

1. Ponsel

seabrik 2

Ide menggabungkan teknologi pemantik dengan ponsel mungkin terdengar gila. Tapi itulah yang dilakukan oleh Seabright, perusahaan ponsel asal Cina. Beberapa waktu lalu, www.seabright.cn melansir ponsel seri terbaru yang diberi nama  SB6309. Sekilas ponsel ini tampak seperti ponsel biasa. Tapi, ketika kamu menggeser pelindung yang ada di balik posel tersebut maka akan terlihat pemantik rokok di dalamnya

2. Rubber Ducky

ducky lighters

Rubber Ducky  memang membuat mandi anak Anda terasa menyenangkan. Tapi, tunggu dulu, Rubber Ducky yang satu ini sebaiknya dijauhkan dari anak-anak. Sebab, dari kepala si Rubber Ducky yang lucu itu bisa mengeluarkan api. Tapi, bagi Anda para perokok yang ingin kelihatan tetap childish memiliki tersebut bisa menjadi pilihan.

3. Biskuit

oreo

Menjadikan Biskuit sebagai korek api atau pemantik mungkin bukan ide bagus. Karena, setiap kali melihatnya, Anda akan dibuat lapar. Namun, gantungan kunci biskuit ini benar-benar lucu. Orang pun mungkin akan terkejut ketika melihat sebuah biskuit bisa mengeluarkan api.

4. Kamera

Camera

Awas! jangan salah terka. Kamera ini bukan untuk mengambil gambar.  Tetapi ia berfungsi sebagai pemantik api. Mungkin benda ini cocok buat hadiah bagi para pegiat Fotographer.

5. Jari Tengah

jari tengah

Meski tampilannya ini kurang baik, pemantik ini sungguh unik. Mungkin hanya tipe orang tertentu saja yang benar-benar menggunakan pemantik seperti ini. Hati-hati ketika Anda menggunakan pemantik tersebut jika Anda tidak ingin dianggap orang kurang ajar.

6. Korek

MatchPemantik ini terlihat seperti korek api klasik dan bekerja layaknya pemantik pada umumnya. Api akan keluar dari bola lampu merah tanpa harus bersusah payah untuk menghasilkan cahaya yang sempurna. Sederhana tapi sangat kreatif.

7.  Lampu

lampuJangan sekali-kali terbayang untuk menaruh lampu ini di kamar Anda dan menjadikannya sebagai lampu kamar jika tidak ingin ditertawakan. Entah apa yang menjadi alasan pemantik ini dibuat. Tapi, harus diakui ia unik dan lucu. Tariklah rantainya lalu bersiap-siap menyalakan rokok.

8.  Toilet

Toilet

Cukup menyalakannya dan jangan berfikir terlalu jauh.

9. Telepon

Telepooon

memiliki pemantik seperti ini mungkin akan merepotkan jika sekedar untuk menyalakan rokok. Tapi, buat Anda pengagum gaya klasik tetapi tetap trendy pemantik telepon tersebut seperti tepat untuk Anda mailiki.

10. Pemadam Kebakaran

Pemadam kebakaran

Apa jadinya jika alat pemadam kebakaran justru mengeluarkan api? Tentu saja itu bisa sangat menakutkan. Tapi tenang saja, yang Anda liat itu hanya sebuah miniatur. Tekan pelatuknya dan selamat menikmati rokok Anda.