Dibalik Aroma Khas Kretek

rokok kretek
rokok kretek

Aroma kretek yang khas nan memesona tidak lah tersedia seketika. Ada tangan-tangan handal di setiap pemilihan lembar daun tembakau, sebelum akhirnya masuk ke proses produksi. Pada merekalah rantai komoditas tembakau bergantung, mulai dari penentu harga beli tembakau  pra produksi hingga penentu kualitas rokok pasca produksi. Kemampuan unik itu berjuluk grader. Lalu, apa tugas grader? Siapa saja yang bisa menjadi grader?

Dari lima indera manusia, indera penciuman merupakan unsur utama bagi seorang grader. Mereka harus bisa merasakan dan membaui berbagai rasa tembakau berkualitas. Hal itu dibutuhkan untuk membedakan standar dan kelayakan tembakau. Lainnya, seorang grader juga wajib memiliki kejelian dalam menentukan kualitas sekalipun hanya melihat dan memegang tembakau. Selain memahami kualitas tembakau yang diklasifikasi dalam beberapa level, seorang grader juga perlu memahami proses budidaya tembakau mulai dari musim tanam hingga paska panen.

Walau tampak sederhana, sekedar melihat dan membau, namun  profesi seorang grader terbilang cukup rumit. Tidak ada ukuran khusus yang digunakan dalam menentukan profesionalisme seorang grader selain rasa percaya perusahaan kepada orang-orang berkemampuan unik ini. Alih-alih dipelajari di pendidikan formal, kemampuan grader amat ditentukan oleh pengalaman maupun intensitas mereka berinteraksi dengan para petani. Bahkan Oei Hong Djien, grader, mengaku bahwa profesi ini merupakan kesibukan menyenangkan karena aktivitas pokoknya adalah mengambil sampel tembakau di desa-desa lalu berembug dengan petani hingga larut malam.

Selain menentukan kualitas tembakau, seorang grader juga memengaruhi hubungan petani tembakau dengan perusahaan rokok. Lewat merekalah kualitas dinilai untuk menentukan harga jual tembakau. Maka tak heran bila nasib para petani amat tergantung dari penciuman grader , demikian pula nasib produk-produk industri rokok. Walau tampak seperti pekerjaan yang menggiurkan, sayangnya tak sembarang orang bisa menjadi grader. Kunci utamanya adalah bakat khusus untuk membaui dan merasa tembakau.

Tidak ada yang mustahil, bila Anda tertarik menggeluti profesi ini, ada beberapa tip yang bisa digunakan  untuk menilai kualitas tembakau. Pertama, tembakau yang bagus memiliki warna kekuningan merata dari atas sampai bawah. Kedua, aroma tembakau yang sangat dipengaruhi oleh penjemuran, dan ketepatan masuk ke keranjang. Proses inilah yang memerlukan ketajaman penciuman grader. Ketiga, klasifikasi mutu tembakau juga bisa dilihat dari letak daun terhadap batang tembakau. Bila daun berada di paling bawah akan dinilai sebagai mutu terendah. Semakin ke atas, mendekati pucuk batang pohon, maka kualitas tembakau kian meningkat karena kadar nikotinnya yang tinggi.