Membuat Pesawat dari Bungkus Rokok

Biasanya, bungkus kretek ataupun rokok menjadi bagian yang dibuang. Padahal, ada beragam cara kreatif memanfaatkan bungkus rokok. Dengan kreatifitas, bungkus rokok menjadi menarik dan unik. Salah satunya, bungkus rokok dapat dimanfaatkan untuk membuat pesawat mainan. Berikut sedikit tips membuat pesawat mainan dari bungkus rokok:

1. Buka bungkus rokok dan keluarkan alumunium voilnya. Usahakan alumunium voil tidak robek untuk dijadikan salah satu elemen pembuatan pesawat.

1

 

 

 

 

 

 

 

 

2. Sobek beberapa bagian sesuai dengan gambar berikut,

2

 

 

 

 

 

 

3. Dan Lipat seperti gambar di bawah, untuk potongan yang dipakai gunakan lembaran seperti gambar di atas, kemudian robek untuk membuat lubang bagian dalam dari lipatan tadi, seperti pada gambar (lihat anak panah), lubang ini nanti akan dipakai seperti gambar no.7. Nah bagian ini untuk sayapnya.

-Lalu untuk potongan yang satunya lagi, disobek dan dilipat juga di sisi kiri dan kanan juga seperti gambar di bawah.

3

 

 

 

 

 

 

4. Kemudian dimasukan ke lubang, dari gambar di bawah, untuk memasukanya harus ditekuk terlebih dahulu agar bisa masuk lubang seperti pada gambar.

4

 

 

 

 

 

 

5. Setelah masuk ke dalam lubang tersebut, kemudian di sisi-sisi yang ditekuk tadi renggangkan seperti pada gambar, tujuannya supaya bisa terkait antara 2 bagian.

gambar no. 5

6. Lihat seperti pada gambar, pada tanda panah yang berwarna hijau, dibuat celah dengan menggunakan cutter/silet. Tujuannya agar bisa dimasukkan ke bagian lainnya seperti pada gambar terakhir. Untuk yang tanda panah berwarna merah, buatlah lekukan seperti pada gambar tersebut, ini yang nantinya dipasang pada bagian ekor pesawat.

6

 

 

 

 

 

 

7. Dari potongan-potongan seperti pada gambar di atas, kemudian disatukan seperti ini, bagian ekor dan di bawah sayapnya.

7

 

 

 

 

 

 

8. Buat pembungkus lapisan rokok  atau alumunium foil menjadi seperti kerucut bagian ini yang nantinya akan dipasang di bagian depan pesawat.

8

 

 

 

 

 

 

9. Nah, rangkaian sudah selesai.

9

 

 

 

 

 

 

Selamat mencoba.