Mengenal Zat Penetral Nikotin

Nikotin merupakan salah satu zat yang ditemukan dalam tembakau dan beberapa makanan lain. Seperti yang zat-zat kimia lain dalam tubuh, nikotin pun memiliki dampak pada tubuh. Namun, sebenarnya sama seperti zat kimia lainnya, efek dari nikotin pun bisa direduksi dengan beberapa makanan lain.

Konsumsi air mineral yang banyak dapat menjadi salah satu cara untuk mereduksi efek nikotin dalam tubuh. Konsumsi air mineral 8-12 gelas per-hari efektif untuk mengeluarkan nikotin dalam tubuh. Bukan hanya nikotin saja namun, zat-zat lain yang tak menguntungkan tubuh bisa keluar.

Maka dari itu, banyak pula yang mengatakan bahwa air mineral merupakan obat alami untuk menetralkan nikotin. Perut yang dalam keadaan kosong akan dengan mudah dinetralkan racun-racunnya oleh air mineral. Dengan begitu tak ada lagi nikotin yang mengendap di organ-organ vital seperti hati dan ginjal.

Makanan lain yang dapat mentralkan nikotin adalah wortel. Sayuran ini kaya akan vitamin A, B, C, D, E, dan K. Kandungan vitamin yang lengkap ini membuat wortel mengandung nutrisi dan antioksidan yang tinggi sehingga mampu mereduksi nikotin.

Selanjutnya, buah yang dapat menetralkan nikotin adalah jeruk nipis dan pisang. Dalam jeruk nipis kaya akan antioksidan dan vitamin C sehingga dapat membantu pengeluaran nikotin yang mengendap dalam tubuh. Sedangan pisang mengandung vitamin B6 dan B12 yang bisa menjadi peluruh nikotin dalam tubuh.

Cara lain untuk menetralkan nikotin dalam tubuh adalah dengan berolahraga dan menjaga pola makan. Nikotin adalah salah satu zat alami yang sulit dihindari saat konsumsi karena selain pada tembakau terdapat pada makanan lain seperti kol, kentang, terong, dan lain sebaginya. Namun, bukan berarti kita tak bisa menetralkan dan mengurangi efek dari nikotin.

Sebagai  negara agraris, tentu masyarakat Indonesia tak bisa menghindari konsumsi nikotin yang memang sudah secara alami ada dalam tanaman dan sayuran produk Indonesia. Tak bisa hanya ditujukkan bagi mereka yang sering mengkonsumsi tembakau, makanan-makanan penetral nikotin ini pun sebaiknya dikonsumsi orang-orang yang sering makan kentang, terong, dan tanaman lain yang mengandung nikotin.

Akan sangat bijak jika kita bersama menerapkan pola konsumsi ini jika memang tak bisa menghindari nikotin. Karena pada dasarnya nikotin merupakan zat alami yang terbentuk secara alami pula pada beberapa tanaman yang tumbuh subur di Indonesia.