Masa Emas Petani Tembakau

Sebentar lagi musim panen tembakau di Indonesia akan segera tiba. setelah melewati beberapa bulan pernuh kerja sedari masa panen di awal bulan Mei, kerja keras para petani tembakau akan segera menemukan hasilnya. Terlebih, tahun ini kualitas tembakau mereka diperkirakan bakal mencapai puncaknya dengan kondisi cuaca yang bersahabat untuk tanaman tembakau. Para petani bakal gembira.

Maklum, di masa kemarau seperti inilah tanaman tembakau bisa mendapatkan kualitas terbaiknya. Kondisi kering memang diperlukan untuk tanaman tembakau. Sebab daun tanaman ini memang tak perlu air melimpah sebagaimana tanaman lainnya. Daun tembakau pun akan sulit diserang hama.

Hal ini jelas tidak terjadi pada tahun lalu. Curah hujan yang tinggi pada tahun lalu, membuat mutu tembakau anjlok dan petani panen tak maksimal. Bahkan ada yang merugi karena salah waktu tanam. Akhirnya harga jual pun turun.

Tahun lalu, para petani pun sulit menebak curah hujan. Kejadian salah menentukan waktu tanam dipengaruhi oleh curah hujan yang sulit ditebak itu. Sedang tahun ini, cuaca relatif lebih mudah ditebak. Memasuki April, para petani sudah menyiapkan masa tanam karena curah hujan sudah rendah.

Maka tahun ini, dengan keadaan cuaca yang sangat bersahabat. Juga dengan kualitas tembakau yang membaik, tentu harga jual bakal meningkat dan menambah pendapatan para petani. Mereka pun bisa menambal biaya tahun lalu dengan keuntungan yang ada di tahun ini.

Tahun ini memang masa emasnya petani tembakau. Kualitas daun yang bagus ini tentu harus diimbangi dengan harga yang tinggi. Maka harga jual tembakau tahun ini harus dikawal, jangan sampai ada perusahaan yang bermain untuk tidak membayar kualitas dengan harga yang pantas. Inilah saatnya petani tembakau berbahagia, jangan sampai dirusak.