Rekor Baru di Musim yang Baik

Musim kemarau tahun ini adalah kondisi cuaca yang baik bagi para petani tembakau. Musim yang didatangi El Nino membuat cuaca benar-benar kering serta curah hujan yang sangat rendah. Inilah kondisi cuaca yang dibutuhkan tembakau untuk menghasilkan daun-daun terbaik.

Kondisi kering memang diperlukan untuk tanaman tembakau. Sebab daun tanaman ini memang tak perlu air melimpah sebagaimana tanaman lainnya. Daun tembakau pun akan sulit diserang hama. Curah hujan pun mudah ditebak, karena pada masa El Nino ini curah hujan dipastikan selalu rendah.

Inilah kemudian yang membuat kualitas tembakau tahun ini menjadi bagus. Dengan kualitas yang bagus, tentunya harga pun menjadi bagus. Maka jangan salah kalau ada tembakau yang mencapai harga 1 Juta Rupiah di Temanggung.

Tembakau dengan kualitas terbaik ini berasal dari Desa Legoksari Kecamatan Tlogomulyo. Menurut Grader Tembakau yang memberikan fantastis itu, tembakau dengan kualitas terbaik dunia ini hanya dimiliki beberapa petani yang telaten merawat dan mempertahankan kualitas tembakau asli Temanggung.

Tembakau jenis srinthil ini, tidak bisa didapatkan oleh semua petani. Karena srinthil hanya bisa didapat dari daun-daun teratas dari tanaman tembakau. Itu pun tanaman yang dirawat dengan sangat telaten dan mendapatkan perawatan terbaik. Tidak bisa asal-asalan. Karena memang tembakau adalah tanaman manja yang butuh banyak perawatan, jadi butuh ketelatenan yang khusus untuk mendapatkan kualitas yang baik dari tanaman ini.

Tahun ini, rata-rata harga tembakau di Indonesia naik hingga 30 persen. Rata-rata harga terendah tahun ini pun ada di kisaran Rp 36 ribu sampai Rp 40 ribu. Itu untuk tembakau dengan kualitas yang biasa. Tembakau dengan kualitas bagus tentu memiliki harga yang berbeda lagi.

Di temanggung saja, terdapat ratusan keranjang tembakau dengan harga diatas Rp 500 ribu. Itu pun baru dari satu pabrikan, yakni Gudang Garam. Belum pabrik-pabrik lainnya yang tentunya juga membeli tembakau-tembakau kualitas terbaik dari petani-petani tembakau di temanggung.

Meski selalu diberitakan miring, harga tembakau nyatanya mencapai titik tertinggi dari yang pernah terjadi. Sebelumnya, harga tertinggi ada di kisaran Rp 750 ribu perkilo untuk srinthil terbaik. Tapi tahun ini rekor tersebut pecah, dengan penjualan senilai Rp 1 juta untuk satu kilogram tembakau srinthil terbaik dari temanggung. Sungguh, ini harga yang pantas dari musim yang baik.

(Visited 140 times, 1 visits today)

Komentar

komentar

Categories: Ragam