Menikmati Nasi Goreng Tembakau

Tembakau dan Temanggung adalah dua kata yang berbeda namun serupa. Temanggung hampir tidak bisa dipisahkan dari tembakau. Sekalipun ada banyak daerah lain yang juga menghasilkan tembakau, namun Temanggung hampir pasti selalu disebut sebagai sentranya.

Bagi masyarakat Temanggung, tembakau adalah segalanya. Bukan hanya sebagai identitas, tapi juga pemutar roda ekonomi serta kehidupan mereka. Karena itulah muncul beragam hal berbau tembakau salah satunya adalah Nasi Goreng Mbako.

Makanan ini bisa anda temukan di Rumah Makan Temanggung Bersenyum yang berlokasi di di Jalan MT Haryono, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Memanfaatkan tembakau sebagau campuran dalam menu nasi goreng, menu ini menjadi andalan di rumah makan tersebut.

Dalam penyajiannya, nasi goreng ini tidak menggunakan daun tembakau sebagai bahan utama dalam masakan. Yang digunakan sebagai campuran dalam bumbu nasi goreng adalah biji tembakau. Sedangkan daun tembakau biasa digunakan sebagai taburan setelah nasi siap dihidangkan. Penggunaan biji tembakau memang agak tidak lazim mengingat daun tembakau adalah hasil utama dari pertanian tembakau.

Saat masak, biji tembakau akan digoreng tanpa minyak sekitar 15 menit. Ingat, tanpa minyak. Setelahnya, dicampur bumbu serta bahan lainnya. Hampir tidak beda memang, hanya menambahkan biji tembakau pada awal proses masak. Jika anda mau, daun tembakau dapat ditaburkan diatas nasi setelah dihidangkan.

Aroma tembakau akan tercium dari hidangan dan terasa saat disantap. Ya iyalah, namanya nasi goreng tembakau. Mungkin saat pertama kali merasakannya anda akan merasa tidak biasa terhadap rasanya. Maklum, selain kretekus tentu banyak yang tidak terbiasa dengan cita rasa tembakau. Tapi nantinya, anda akan terbiasa dan mampu merasakan nikmatnya.

Rumah Makan Temanggung Bersenyum dapat anda temui dengan perjalanan mobil sekitar 15 menit dari Alun-alunTemanggung. Selamat mencoba bagi anda yang hendak merasakan sensasinya.

(Visited 415 times, 2 visits today)

Komentar

komentar

Categories: Ragam