Apa yang paling dikenal dunia dari Indonesia? Mungkin sebagian besar orang akan menyebut Bali atau destinasi wisata lainnya. Namun, ada beberapa produk yang, apabila kita konsumsi di luar negeri, orang-orang akan menandai kita sebagai warga Indonesia hanya dari melihat atau mencium aroma produk tersebut.

Ada banyak produk buatan anak negeri yang mendunia, namun tidak semua bisa menjadi penanda bahkan identitas bangsa di mata dunia. Dari sekian banyak produk tersebut, ada tiga barang yang dapat dipastikan menjadi penanda kalau anda adalah warga Indonesia hanya dengan melihat anda mengkonsumsi produk tersebut.

Yang pertama dan yang paling utama tentunya adalah batik. Dengan corak dan motif yang khas, batik menjadi salah satu produk anak bangsa yang mendunia. Selain menjadi salah satu komoditas ekspor yang cukup diminati oleh pasar luar negeri, tidak sedikit juga orang-orang asing yang mengenal batik dan membelinya dari Indonesia.

Sebagai salah satu warisan budaya, batik jelas menjadi penanda bagi orang-orang asing akan identitas penggunanya. Kalaupun yang menggunakannya bukan orang Indonesia, setidaknya orang tersebut telah mengenal Indonesia. Jadi kalau ada yang mau bepergian ke luar negeri dan mencari orang Indonesia yang bisa diajak bercengkrama, kalian bisa menggunakan batik atau silakan pergi ke Kedutaan Besar RI di negara tersebut.

Setelah batik, ada juga warisan budaya Indonesia yang melegenda di mata dunia, yakni kretek. Sebagai produk yang khas dan hanya bisa diproduksi di Indonesia, kretek cukup dikenal oleh para perokok di seluruh dunia. Jika anda pernah ke luar negeri, lalu menghisap kretek di ruang merokok bandara internasional, bisa jadi anda akan diajak berbincang oleh penikmat rokok yang ingin meminta kretek persediaan anda.

Cengkeh sebagai campuran tembakau pada kretek membuat cita rasa produk ini disukai banyak orang, apalagi para perokok yang terbiasa dengan udara dingin. Selain menghangatkan tubuh, cengkeh juga membuat suara kretek-kretek ketika terbakar dan menjadikannya khas juga populer di luar negeri.

Selain itu, kretek juga menjadi identitas kebangsaan bagi warga Indonesia. Karena kretek agak sulit ditemukan di luar negeri, maka ketika menghisapnya di sana anda akan langsung ditandai sebagai orang Indonesia. Bahkan beberapa bulan terakhir, ada dua film Indonesia berlatar luar negeri yang menyajikan kretek pada beberapa adegan yang mempertemukan warga Indonesia di luar negeri.

Saran penulis, jika anda ingin bepergian ke luar negeri bawalah kretek anda sebanyak-banyaknya. Walau hanya dibolehkan membawa dua slop, silakan bawa hingga batas maksimal. Percayalah, kretek anda akan digemari perokok yang bertemu anda di sana dan mereka akan minta beberapa batang kepada anda. Jangan sampai kehabisan.

Dan yang terakhir, anda boleh tidak percaya, produk yang digemari dan menjadi penanda identitas bangsa di luar negeri adalah Indomie. Agak berbeda dengan produkan mie instan lain, Indomie memiliki cita rasa yang khas dan sudah dikenal oleh orang-orang di luar negeri.

Selain sudah dijual di toko-toko di luar negeri, hal yang membuktikan Indomie menjadi produk yang digemari masyarakat dunia adalah hadirnya berbagai video yang menampilkan penyajian Indomie dalam beragam varian sajian. Silahkan cek youtube kalau masih tidak percaya.