Empat Buah-buahan yang Wajib Dikonsumsi Kretekus

Halo kretekus sekalian, sudah sama-sama kita ketahui bahwa buah-buahan memiliki banyak kandungan vitamin, nutrisi dan serat yang amat sangat baik untuk kesehatan. Buah-buahan terbukti bermanfaat untuk sistem pencernaan, menjadikan sistem imun lebih kuat, asupan energi, dan masih banyak manfaat yang lain. Berikut adalah empat buah-buahan yang wajib dikonsumsi oleh kretekus sekalian yang bermanfaat bagi kesehatan dan kebugaran. Disimak ya.

1. Apel

Tahukah kretekus sekalian bahwa apel merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan zat besi, magnesium, serta berbagai macam vitamin seperti vitamin A, B, C, dan G. Dari kandungan-kandungan tersebut, apel berfungsi sebagai pembersih tubuh. Kandungannya bekerja aktif untuk melancarkan pencernaan, dan juga membantu proses penyembuhan pada peradangan yang terjadi di dalam tubuh.

Apel juga memiliki senyawa triterpenoids pada bagian kulitnya, yang dalam sebuah penelitian Cornell University, diketahui mampu menghambat sel kanker yang menimbulkan gejala kanker payudara, lever dan gejala kanker usus besar.

Dengan mengkonsumsi apel dengan jumlah tiga sampai empat buah setiap harinya, maka manfaat apel akan didapatkan kretekus secara maksimal. Nah habis ini langsung beli apel ya kretekus sekalian.

2. Jeruk

Buah yang satu ini merupakan buah yang paling mudah ditemukan oleh kretekus sekalian. Jika tak sempat pergi ke pasar untuk membeli jeruk, kretekus dapat mengonsumsi jeruk di warkop-warkop terdekat dalam bentuk air jeruk. Dari jeruk inilah kandungan gizi dan nutrisi sehat dapat kretekus miliki.

Di dalam 180 gr buah jeruk, terdapat vitamin C yang cukup tinggi, kaya akan protein, kalori serta serat. Menurut American Heart Association, jeruk bermanfaat menurunkan resiko stroke Iskemik bagi perempuan. Kandungan vitamin C dan antioksidan di dalam jeruk juga dapat membantu memerangi radikal bebas yang diketahui sebagai penyakit kanker.

Penyakit-penyakit sariawan, bibir pecah-pecah dan panas dalam, dapat dihindari jika mengkonsumsi jeruk secara rutin. Bahkan kandungan kalium dan kolin yang terdapat pada jeruk bermanfaat terhadap kesehatan jantung.

Dalam sebuah penelitian, seseorang yang mengkonsumsi 4069 mg kalium per hari memiliki resiko 49% lebih rendah dari kematian akibat penyakit jantung. Sedangkan kalium, dapat kretekus dapatkan saat mengonsumsi jeruk secara rutin. Jadi, jangan malas ya untuk mengonsumsi jeruk.

3. Pisang

Buah yang satu ini adalah buah yang mudah untuk dikonsumsi. Di balik rasanya yang manis, pisang merupakan buah yang memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Pisang memiliki kandungan vitamin B6, mangan, vitamin C, serat, serta potasium dan magnesium.

Sederet manfaat pisang yang akan kretekus peroleh, antara lain: Pertama, sebagai sumber energi. Menurut penelitian, pisang dapat memberikan energi kepada tubuh, sebab di dalamnya terdapat karbohidrat yang cukup tinggi. Maka jangan heran kalau sehabis makan pisang perut terasa kenyang.

Kedua, pisang mengandung protein tryptophan yang bisa memicu produksi serotonin, yakni senyawa kimia yang dapat menjadikan tubuh dan pikiran menjadi rileks. Ketiga, pisang juga membantu membentuk sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh, sehingga proses metabolisme tubuh menjadi baik.

Nah, itulah sederet manfaat yang akan didapat kretekus dalam mengonsumsi pisang. Banyak cara untuk mengkonsumsi pisang, seperti dijadikan jus atau smoothie, dicampur dengan oatmeal, hingga dijadikan selai.

4. Manggis

Mungkin sebagian dari kretekus sekalian menganggap cuek buah yang satu ini. Padahal, buah manggis merupakan buah fenomenal yang memiliki khasiat yang super sekali. Sampai-sampai buah ini dijuluki buah ratu. Bukan karena mahkota di atasnya loh, tapi karena khasiatnya manggis dijuluki sebagai buah ratu. Penasaran apa kandungan manggis dan manfaatnya?

Dari hasil penelitian yang dilakukan mengungkapkan bahwa manggis dan kulit buahnya kaya dengan 40 lebih zat xanthones yang merupakan salah satu antioksida yang sangat bermanfaat bagi manusia. Selain zat xanthones, terdapat juga kandungan pol kasanida, cathechins, dan polyphenois yang merupakan salah satu bahan antikulat dan anti bakteri. Manggis juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang cukup tinggi.

Saking banyaknya kandungan yang terdapat di dalam manggis. Buah ini dimasukan ke dalam kategori tanaman obat. Adapun manfaat manggis antara lain, yakni: Pertama, manggis dapat mengobati gejala kanker dan penyakitnya. Menurut hasil penelitian, menggis dapat mencegah berkembangnya tumor yang disebabkan oleh adanya senyawa garcinone E.

Kedua, senyawa yang terdapat pada manggis diyakini dapat menghambat pertumbuhan jamur dan bakteri yang menyebabkan berbagai infeksi pada luka. Penelitian yang diterbitkan oleh “Chemical and Pharmaceutical Bulletin” mengungkapkan hasil penelitiannya yang membuktikan bahwa xanthones dari manggis dapat menghentikan pertumbuhan bakteri tuberkulosis yang menjadi penyebab infeksi.

Apa yang sudah disebutkan di atas, tentunya para kretekus sekalian tidak akan cuek lagi terhadap manggis. Maka segera masukan manggis ke dalam daftar belanja.

Nah, itulah empat buah yang wajib dikonsumsi oleh para kretekus sekalian. Hayo jangan malas-malas untuk mengonsumsi empat buah tersebut ya. Selain harganya murah dan terjangkau, mengkonsumsi buah juga dapat menghindari kretekus dari berbagai penyakit yang menyebabkan masuk ke rumah sakit. Sudah kebayangkan mahalnya biaya pengobatan di rumah sakit.

(Visited 160 times, 1 visits today)

Komentar

komentar

Categories: Ragam

Tags: ,,,