Lima Langkah Mudah untuk Berhenti Merokok

Rokok

Berhenti merokok adalah sesuatu yang berat. Begitu kata orang-orang. Padahal, saya adalah orang yang amat sepakat dengan dorongan agar masyarakat berhenti merokok. Sebab, hal itu mengganggu hak kami yang tidak merokok. Membuat kami terganggu karena asap rokok yang mereka konsumsi.

Berikut adalah beberapa langkah sederhana agar anda bisa berhenti merokok:

  1. Tidur

Langkah paling mudah untuk berhenti merokok adalah tidur. Merokok sembari tidur adalah sesuatu yang membahayakan. Sudah mengganggu teman yang tidur di sebelah kalian, merokok sembari tidur juga dapat menyebabkan kebakaran dan tersundutnya diri sendiri. Jadi, berhentilah merokok sebelum tidur.

  1. Makan atau minum

Langkah kedua adalah makan atau minum. Jika Anda melakukan kedua hal itu sembari merokok tentu bakal mengganggu, setidaknya mengganggu kenikmatan makan atau minum Anda. Sedang enak-enak mengunyah daging sapi, tentu Anda bakal kesulitan jika ditambah adegan menghisap rokok.

Begitu pula ketika Anda minum. Sedang enak-enak menyesap kopi, lantas anda menaruh sebatang rokok di mulut anda. Jelas saja rokoknya bakal basah dan tidak bisa dihisap. Ada baiknya Anda melakukan aktivitas-aktivitas tersebut tidak secara berbarengan. Satu-satu dulu gitu, jangan serakah. Matikanlah rokokmu sebelum makan juga minum.

  1. Naik Angkutan Umum

Hal ketiga yang bisa anda lakukan untuk berhenti merokok adalah menaiki angkutan umum. Ketika Anda berada di angkutan umum yang penuh penumpang, merokok tentu bukanlah aktivitas bijak yang bisa Anda lakukan sembari menikmati perjalanan. Selain mengganggu, Anda bisa saja diamuk massa atau diturunkan di tengah jalan.

Lagipula sebagai perokok yang bertanggungjawab, Anda tentu bakal sadar bahwa angkutan umum bukanlah ruangan untuk merokok. Jika memang disediakan ruang merokok dalam angkutan, merokoklah. Kalau tidak, ya berhentilah merokok saat naik angkutan umum.

  1. Dekat-dekat anak kecil

Hal ini penting untuk diingat sebagai upaya berhenti merokok. Merokok di dekat anak bukanlah sesuatu yang bijak dilakukan. Selain bakal mengganggu hak si anak untuk menghirup udara segar, si anak bisa saja banyak bertanya tentang apa yang anda lakukan atau bahkan meminta join rokok dengan Anda. Ini jelas hal yang amat berbahaya. Maka, segeralah berhenti merokok jika Anda berada di dekat anak-anak.

  1. Datang ke Kawasan Tanpa Asap Rokok

Ini langkah paling mutakhir untuk berhenti merokok. Datanglah ke Kawasan Tanpa Asap Rokok. Kawasan yang satu ini dibuat sebagai komitmen untuk menghargai hak masyarakat. Kalian para perokok sama sekali tidak diperbolehkan merokok di kawasan ini. Karena kawasan ini biasanya berada di ruang publik yang didatangi oleh banyak orang. Agar tidak mengganggu mereka yang tidak merokok di sini, maka dibuatlah aturan kawasan ini.

Jika Anda tidak menemukan keberadaan ruang merokok di kawasan ini, apalagi jika kalian adalah perokok yang sadar etika, maka kalian akan segera berhenti merokok. Walaupun hak kalian sebagai perokok tak dipenuhi dengan tidak tersedianya ruang merokok, setidaknya anda telah tidak berlaku zalim kepada orang lain. Setidaknya Anda bisa menunjukan bahwa merokok bukanlah sesuatu yang adiktif, bahwa Anda bisa berhenti merokok ketika melakukan kelima hal tadi.

(Visited 220 times, 1 visits today)