Kiat Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Penyakit jantung masih menjadi pembunuh nomor wahid tertinggi di Indonesia. Apalagi serangan jantung merupakan kondisi yang paling menakutkan bagi manusia. Bukan saja dapat merenggut nyawa penderitanya, melainkan kondisi tersebut harus membutuhkan perhatian khusus.

Lagi-lagi yang menjadi persoalan, penyakit jenis ini terlalu dominan diidentikkan dengan rokok. Bahwa rokok adalah penyebab utama penyakit ini. Meski sebenarnya penyakit ini disebabkan beragam faktor, namun bagi sebagian orang rokok masih dianggap biang keladi.

Sebenarnya, baik yang merokok atau tidak tetap bisa menghindari penyakit ini. Meski rokok memiliki faktor risiko terhadap penyakit jantung, tetapi bukan berarti menjadi penyebab utama. Mengingat banyak hal lain yang juga dapat menyebabkan penyakit ini.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi risiko terkena penyakit Jantung.

Menjaga pola makan

Pola makan yang seimbang menjadi salah satu faktor kunci untuk mencegah penyakit ini. Dengan konsumsi yang seimbang, kondisi jantung dan sistem sirkulasi dapat menjadi lebih sehat.

Konsumsilah banyak sayuran dan buah. Kurangilah konsumsi daging, kecuali daging tersebut tidak memiliki lemak. Ikan dan kacang-kacangan juga baik dikonsumsi. Dan yang terpenting batasi konsumsi garam, gula, serta makanan yang mengandung kolesterol.

Bergerak

Aktivitas fisik yang rutin akan membantu Anda menjaga kebugaran tubuh. Mulailah berolahraga secara rutin. Atau setidaknya perbanyaklah jalan kaki. Hal ini penting untuk kesehatan Anda.

Periksa kesehatan

Konseling dan cek kesehatan rutin ke dokter cukup dianjurkan. Dengan cek kesehatan rutin, Anda dapat mendeteksi penyakit sejak dini. Untuk mereka yang mengalami obesitas, kolesterol serta tekanan darah tinggi, juga untuk yang memiliki riwayat keluarga dengan penyakit serupa amat dianjurkan melakukan hal ini.

Mengetahui tekanan darah serta kadar gula Anda

Memahami tekanan darah Anda menjadi penting karena tekanan darah tinggi adalah salah satu faktor risiko penyakit jantung. Dengan mengetahui tekanan darah, Anda juga bisa mengukur risiko terkena penyakit Jantung.

Kadar gula juga menjadi satu hal yang penting untuk penyakit ini. Apalagi bagi penderita diabetes, kadar gula yang tinggi akan meningkatkan resiko terkena penyakit Jantung.

Meski rokok menjadi salah satu faktor risiko, bisa kita lihat jika rokok bukan menjadi satu-satunya faktor penyebab penyakit jantung. Tidak sedikit masyarakat yang merokok justru tidak terkena penyakit mematikan ini.

Bahkan tidak sedikit juga mereka yang usianya telah lanjut tetap merokok dan sehat tanpa penyakit mematikan. Bisa jadi, tingginya angka penderita penyakit jantung memang bukan karena faktor rokok. Tapi karena faktor lainnya yang lekat dengan kehidupan masyarakat secara keseluruhan.

(Visited 142 times, 3 visits today)

Komentar

komentar

Categories: Ragam

Tags: ,,,,