Merokok saat touring

Halo Kretekus sekalian. Akhir pekan biasanya waktu yang cocok digunakan untuk melakukan touring sepeda motor ke tempat pelesiran yang dituju. Sebenarnya banyak cara untuk pelesiran, bisa ala traveling, backpacker, dan touring salah satunya. Touring sepeda motor dianggap punya tantangan tersendiri, serta punya nilai solidaritas yang tinggi bagi suatu komunitas. Nah, yang tak kalah menariknya dari touring, rokok juga biasanya menjadi teman yang senantiasa hadir menemani dalam perjalanan. Yuk disimak lebih dalam soal rokok dan touring.

Rokok sebagai penanda waktu istirahat

Touring jarak jauh menggunakan sepeda motor tentunya cukup menguras energi. Istirahat sejenak lumrah dilakukan untuk mengembalikan energi yang terkuras sepanjang perjalanan touring. Istilah yang biasa digunakan adalah ‘ngaso’ sejenak. Nah ketika ngaso, rokok biasanya akan menjadi ukuran lamanya waktu ngaso tersebut. Maka, tak heran muncul bahasa “sebat dulu atau sebatang dulu ya bro, baru lanjut jalan lagi”.

Meskipun peserta touring sebenarnya dapat menggunakan patokan menit atau jam sebagai durasi waktu, tapi rokok lebih sering digunakan karena dianggap sebagai bahasa yang akrab dan hangat dalam suasana touring. Mungkin ini tak lepas dari jenuhnya penggunaan patokan menit atau jam dalam kehidupan keseharian, terutama ketika sedang bekerja yang sangat sering menentukan durasi waktu dengan menit atau jam.

Maka penggunaan rokok sebagai durasi waktu istirahat ketika touring lebih tenar penggunaan secara bahasanya ketimbang menit atau jam. Dalam suasana ngaso, rokok akan menjadi pilihan untuk dinikmati karena sebatang atau dua batang rokok sudah cukup untuk menandakan bahwa energi sudah terisi kembali, dan perjalanan siap dilanjutkan.

Rokok sebagai relaksasi ketika touring

Selain sebagai penanda durasi waktu istirahat ketika touring. Merokok juga dapat merelaksasikan badan sejenak ketika sedang istirahat, selain daripada minum air putih yang wajib dilakukan. Setelah berkonsentrasi mengendarai sepeda motor berjam-jam lamanya, maka ketika istirahat energi harus kembali diisi agar fokus dan konsentrasi kembali prima.

Nah mengapa rokok menjadi pilihan untuk dinikmati ketika touring? Sebaiknya harus Anda tahu bahwa di dalam rokok (kretek tentunya), terdapat kandungan cengkeh yang dapat merelaksasi tubuh kita dan dapat menghilangkan pegal-pegal.

Sebab di dalam cengkeh mengandung zat eugenol sebanyak 78-98 %. Tak perlu diragukan lagi khasiat cengkeh yang memang sudah sejak lama digunakan untuk menghilangkan pegal-pegal, mengobati sakit gigi, dijadikan bumbu masak dan juga sebagai bahan parfum. Dan kreteklah produk yang paling banyak menyerap cengkeh sebagai bahan bakunya.

Jangan heran jika setelah merokok dan minum air putih ketika touring, akan sedikit merelaksasi tubuh kita, setidaknya dapat mengumpulkan kembali energi yang terkuras setelah mengendarai sepeda motor berjam-jam lamanya.

Teman ngobrol santai

Suasana touring adalah suasana yang hangat dan penuh keakraban. Meskipun harus berlelah-letih terlebih dahulu karena berkendara cukup lama, namun bukan berarti suasana keakraban akan luntur. Sebab touring seperti penjelmaan dari peribahasa “Susah-susah dahulu, capek-capek dahulu, baru kemudian bersenang-senang”. Dan rokok dalam tradisi bangsa kita seakan menjadi media bagi suasana kekerabatan.

Ketika touring rokok akan menjadi media suasana kekerabatan bagi satu sama lain. Sebab sebatang rokok dapat dihisap secara berjamaah, sebungkus rokok dapat menjadi milik bersama, dan merokok adalah aktivitas yang dapat dilakukan secara komunal. Itulah mengapa rokok merupakan medium yang cocok dalam suasana kekerabatan.

Ketika sedang suasana sendiri dan hening pun, rokok juga dapat menjadi teman yang baik. Nah ketika sedang ngobrol santai, bernyanyi bersama bakarlah rokok bersama teman-teman touring Anda, pastinya suasana hangat dan akrab akan muncul.

Nah dari hal-hal yang disebutkan di atas tadi, mungkin masih banyak hubungan yang menarik antara rokok dan touring. Kalau masih ada lagi yang menarik, kamu dapat menceritakan tentang rokok dan perjalanan touring menyenangkan yang pernah kamu alami. Lebih lengkapnya lagi, silahkan main ke Rumah Kretek Indonesia, bisa ngobrol santai sambil ngopi loh, siapa tahu kita bisa touring bareng. Asyik kan?