Menikmati­­­ Hidup Seperti Susi Pudjiastuti

Beberapa waktu lalu viral sebuah foto yang menampakkan sosok seorang perempuan yang tengah duduk santai di atas kano. Sosok perempuan itu tampak elegan sembari menikmati secangkir kopi dengan rokok di tangan yang lain. Foto tersebut menjadi viral bukan hanya karena keberadaan perempuan di atas kano, tapi juga karena perempuan itu terlihat asik sekali menikmati hidupnya.

Sosok perempuan itu tak lain adalah Susi Pudjiastuti, seorang Menteri Kelautan dan Perikanan yang sejak lama diketahui sebagai perokok. Nama Susi jadi dikenal publik setelah Ia merokok di Istana Negara selepas dilantik oleh Presiden Joko Widodo. Sosoknya yang cenderung ‘nyentrik’ ini cukup untuk membuatnya dicibir sebagian orang, tapi juga dicintai oleh banyak orang.

Ia adalah orang yang bahkan tidak lulus Sekolah Menengah Pertama. Namun kesuksesannya sebagai pedagang ikan dan pemilik sebuah maskapai penerbangan membuatnya dipercaya Presiden Jokowi untuk mengawal potensi laut Indonesia yang luar biasa dengan menunjuknya sebagai Menteri Kelautan. Sebuah kepercayaan luar biasa bagi orang yang awalnya dipandang cukup remeh oleh publik hanya karena merokok saat pelantikan.

Kepercayaan tersebut langsung dibalas Susi Pudjiastuti dengan kebijakan-kebijakan yang dibuatnya. Mulai dari pelarangan illegal fishing di perarian Indonesia hingga menghancurkan kapal penangkap ikan ilegal di lautan Indonesia. Dampak kebijakannya pun telah dirasakan para nelayan, terutama mereka yang menangkap ikan dengan kapal kecil. 

Meski memiliki kinerja yang kerap diapresiasi publik, Menteri Susi tak pernah sombong terhadap orang lain. Sekalipun hidup dengan jabatan sekelas Menteri, Ia masih sering terlihat makan soto di warung biasa juga tak malu berbaring istirahat di lantai kapal. Ia tetaplah Susi si pedagang ikan dari laut selatan.

Gayanya dalam bermasyarakat yang santai dan tak kenal kasta inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa Ia dicintai masyarakat. Sekalipun jabatannya saat ini membuatnya memiliki kesibukan yang tak kalah dari Presiden, tapi Ia tetap terlihat menikmati kesibukannya. Di tengah-tengah kesibukannya sebagai menteri itulah Susi masih sering terlihat menyegarkan diri dengan kopi ataupun rokok.

Untuk urusan ini Susi adalah semacam anomali. Jika para menteri atau pejabat lainnya kerap tampil dengan pencitraan yang baik, Susi tak mau peduli dengan hal itu. Ia tetap saja merokok dan ngopi walau Ia juga tetap dicibir karena kebiasaannya itu. Tapi Susi memang tak mau mempedulikannya.

Ia bahkan bisa dengan asyik mencanda Menteri Kesehatan yang tidak suka dengan kebiasaannya tersebut. “Tapi bu menkes nanti marah sama saya. Dua (caffeine &nikotine) itu tidak sehat walaupun, hmmm.” ujarnya di twitter. Tweet tersebut pun dilanjutkan dengan sebuah postingan foto dirinya tengah beryoga di atas Kano. “Bu menkes lebih suka yang satu ini,” tulisnya.

Begitulah kelakuan Susi Pudjiastuti. Walau memiliki kesibukan yang membuat dirinya tak punya banyak waktu untuk bersantai, tapi dirinya mampu memaksimalkan waktu yang dimiliki untuk menikmati hidup. Dari foto yang viral tersebut kita bisa mengambil hikmah bahwa sesibuk-sibuknya Susi menjadi menteri, Ia tetap bisa menikmati hidup dan liburan dengan keren. Kalau kalian yang terlalu sibuk bekerja masih bisa menikmati hidup nggak ya?