Libur telah tiba… Libur telah tiba… Hore, hatiku gembira!!!

Masih ingatkah kita dengan penggalan lagu anak-anak tadi? Kira-kira begitulah yang menggambarkan suasana hati kita dalam suasana libur lebaran ini. Dengan waktu libur yang cukup panjang, tradisi mudik sudah pasti gak bakal dilewatkan. Nah waktu mudik ke kampung halaman biasanya juga aji mumpung untuk wisata bareng keluarga tercinta.

Sebagai seorang kretekus cum traveller, saya mau berbagi rekomendasi destinasi wisata yang bisa kretekus sekalian kunjungi nih. Eits, tapi  bukan Cuma buat yang mudik aja loh ya, buat yang gak mudik juga bisa jadi pilihan untuk berwisata di libur lebaran kali ini. Yuk ah langsung aja kita ulas rekomendasi destinasi wisata apa saja yang bisa kretekus kunjungi.

  1. Pantai

Angin laut semilir bertiup
Suara ombak di tepi pantai, ayayaya

Duh kalau dengerin lagunya om Tonny Q yang satu itu rasanya jadi kepingin menghabiskan waktu terus-terusan di pantai deh. Nah buat kretekus sekalian, pantai adalah salah satu rekomendasi destinasi wisata yang bisa kretekus kunjungi. Soal harga, dont worry. Semahal-mahalnya tiket masuk pantai gak bakal semahal tiket mudik lebaran kok.

Di pantai, kretekus bisa gelar tikar untuk berkumpul bersama keluarga dan kerabat. Cocok untuk piknik dengan membawa aneka makanan yang dimasak sendiri. Selain itu, kretekus juga bisa berenang di pinggiran pantai atau sekedar main-main air saja. Atau malah kalian bisa nikmatin hidup macam Bu Susi Pudjiastuti main selancar sambil ngopi. Asik banget kan.

Ada lagi hal yang gak boleh dilewatkan ketika di pantai, yaitu bermain-main dengan pasir. Ya kali aja kan ada yang mau bikin istana negara dari pasir. Sembari iseng-iseng mengasah kreasi buat bahan main game di ponsel.

Suara debur ombak ditambah sepoi-sepoinya angin laut pastinya bakalan membuat suasana hati jadi damai. Setelah berjibaku dengan kejamnya waktu di ibukota, relaksasi bersama keluarga atau kerabat tentu menjadi nilai tambah di libur lebaran ini. Apalagi ditambah dengan menghisap kretek di tepi pantai sembari melihat sumringah di wajah keluarga atau kerabat tercinta, nikmat mana lagi tuh yang kalian dustakan?

Eits tapi jangan lupa buang puntung rokoknya jangan sembarangan loh ya. Buang di tempat sampah sebagai bagian upaya menjaga kebersihan pantai. Baiknya lagi sih ya bawa asbak, kretekus sekalian.

  1. Museum

Kok bisa sih museum jadi rekomendasi? Bukannya membosankan? Paling-paling cuma liat miniatur atau koleksi benda-benda bersejarah doank disana. Loh jangan salah, tempat ini direkomendasikan untuk dikunjungi kretekus karena museum adalah tempat rekreasi yang edukatif. Kalau mudik ke kampung halaman, museum yang ada di daerah-daerah kretekus wajib tuh dikunjungi.

Rekreatif karena disana kretekus bagai berjalan melampaui waktu tempo dulu bersama keluarga. Koleksi benda bersejarah yang biasanya cuma ditemui di buku dan di sejarah lisan masyarakat, di museum kretekus bisa lihat langsung perwujudan aslinya seperti apa. Buat kretekus yang doyan berburu foto, tentu museum memiliki banyak daya tarik untuk kegemaran tersebut. Terlebih buat vlogger dan instaholic, museum bisa jadi pilihan yang instagramable banget deh.

Sedangkan nilai plus lainnya dari museum adalah sisi edukatifnya. Museum dapat membuat kretekus lebih dalam mengenal kampung halaman sendiri. Sehingga nilai-nilai tradisi, budaya, dan kebangsaan bisa tertanam lebih dalam pada diri kita dan anak-cucu penerus generasi bangsa. Bisa juga ditemani pemandu museum biasanya, nah dari mereka penjelasan detail yang ada di museum bakal dijelasin tuh. Mantap kan bisa rekreasi sambil belajar? Sudah gitu harganya sangat terjangkau pula.

Oh iya, biasanya di museum itu gak boleh merokok loh ya. Jadi kalau mau merokok silahkan cari ruang merokok yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Kalau gak ada ya tahan aja dulu, tenang aja keliling museum gak memakan waktu seharian kok.

  1. Pemandian Air Panas

Mandi air panas sekarang bisa dilakukan dimana saja. Di kamar mandi kita pun, kalau ada water heaternya, tinggal nyalain keran mandi air panas bisa dilakukan. Tapi beda cerita kalau mandinya di pemandian air panas yang airnya berasal langsung dari sumber air panas alami.

Sudah banyak ulasan manfaat mengenai mandi di pemandian air panas. Tiga hal yang harus diketahui tentang manfaatnya. Pertama, bisa melancarkan peredaran darah. Kedua, menghilangkan stres. Ketiga, menyehatkan jantung.

Baik perokok ataupun bukan perokok, mandi di pemandian air panas untuk melancarkan peredaran darah menjadi hal yang penting bagi menjaga kesehatan. Sebab tidak lancarnya peredaran darah akan menyebabkan penyakit seperti stroke, jantung, disfungsi ereksi, dan berbagai penyakit lainnya. Salah kaprah jika merokok dituding sebagai faktor utama penyakit seperti yang disebutkan tadi. Tidak lancarnya peredaran darah justru turut menjadi faktor resiko penyakit.

Nah bagi yang bukan perokok dan anda sering menuding perokok mudah terkena penyakit di atas, justru anda yang bukan perokok jika peredaran darahnya kurang lancar beresiko lebih tinggi terkena penyakit stroke, jantung, dan lain-lainnya. Jadi jangan asal tuding soal kesehatan dan sok merasa paling sehat ya.

Dengan mandi di pemandian air panas ini, kretekus akan mendapat manfaat kesehatan yang sangat baik. Gak percaya? Masyarakat Jepang itu tingkat angka kematiannya rendah loh, sebaliknya angka harapan hidupnya disana tinggi. Padahal disana angka prevelensi merokoknya salah satu negara dengan angka tertinggi. Lalu bagaimana dengan beberapa riset dan tudingan bahwa merokok membunuh 2.000 orang/menit? Terbantahkan bukan?

Salah satu kuncinya adalah masyarakat Jepang itu sangat hobi berendam di air panas. Di Indonesia sangat banyak tempat pemandian air panas asli berasal dari sumbernya langsung. Wah lebih alami malah ketimbang di Jepang. Jadi gak usah ragu lagi ajak keluarga atau kerabat untuk mengunjungi wisata pemandian air panas. Selain bermanfaat untuk kesehatan, harganya juga terjangkau.

Tiga rekomendasi destinasi wisata libur lebaran yang tadi hampir pasti ada di setiap daerah di Indonesia kok, kretekus. Sampai disini dulu ya. Ketemu lagi di libur lebaran tahun depan. Minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin.