4 Kebiasaan Perokok yang Menyebalkan

Perokok itu menyebalkan. Ya tidak semua perokok sih, tapi masih banyak perokok yang  kelakuannya menyebalkan. Memang perilaku mereka tak bisa disebut sebagai tabiat murni perokok. Karena apa yang mereka lakukan adalah kebiasaan yang terbawa dalam hidupnya. Tapi tetap saja, perilaku menyebalkan adalah menyebalkan.

Dari sekian banyak perilaku yang kerap dianggap menyebalkan ini, saya telah memilih beberapa yang paling sering terjadi. Semoga nantinya, para perokok tak lagi melakukan kesalahan semacam ini. Inilah beberapa kebiasaan perokok yang menyebalkan.

1) Buang puntung sembarangan

Ini adalah kebiasaan pertama yang banyak tidak disukai masyarakat. Ini kebiasaan yang cukup sering dilakukan perokok tak bertanggung jawab. Biasanya, hal ini terjadi karena mereka juga tidak menaati aturan dengan merokok di sembarang tempat. Tentu saja, jika mereka merokok pada tempat yang benar, mereka akan dengan mudah menemukan asbak dan tak bakal buang puntung sembarangan.

2) Merokok dekat anak kecil

Kalau yang ini sudah menjadi salah satu kebiasaan paling menyebalkan dari perokok. Saya yang merokok saja geram melihat orang-orang yang merokok di sekitar anak kecil. Bukan apa-apa, dengan merokok di sekitar anak kecil kita sudah menafikan hak seseorang sejak dini. Lagi pula anak-anak punya hak untuk tidak terpapar asap rokok. Hanya saja, karena anak-anak itu belum bisa menuntut hak mereka ada baiknya perokok yang sadar dan menghargai hak anak-anak.

3) Merokok sambil berkendara

Belakangan cukup viral postingan facebook yang menampilkan seseorang yang katanya terkena bara dari perokok saat berkendara. Hal ini kemudian membuat ketidaksukaan orang terhadap rokok, juga perokok, semakin bertambah besar. Inilah hal tak bertanggungjawab lainnya yang kerap dilakukan perokok. Merokok saat berkendara.

Perilaku ini jelas tidak bertanggungjawab. Juga membahayakan tentu saja. Kita sebagai perokok harus sadar jika aktivitas merokok memiliki emisi yang bukan hanya asap dan abu rokok, tapi juga bara yang bisa membahayakan pengendara di belakang kita. Karenanya, mulai dari sekarang hindari kebiasaan ini agar pandangan negatif masyarakat terhadap perokok bisa sedikit diubah.

4) Merokok di dekat orang yang tidak merokok

Ini adalah alasan utama kenapa orang-orang membenci perokok. Kita merokok di sekitar mereka yang tak merokok. Mereka tidak suka diganggu dengan paparan asap rokok kita. Karenanya jika kebiasaan buruk ini dilakukan perokok, pandangan negatif masyarakat akan terus ada dan berlipat ganda.

Oleh karena itu, sebagai perokok yang sadar dan bertanggungjawab kita perlu menghindari 4 kebiasaan buruk ini. Karena akar dari segala persoalan tentang rokok adalah kita semua tidak bisa saling menghargai. Jika kita para perokok sudah bisa menghilangkan kebiasaan buruk dan tidak lagi mengganggu hak mereka yang tak merokok, niscaya pandangan negatif terhadap perokok akan semakin berkurang.

(Visited 57 times, 3 visits today)

Komentar

komentar

Categories: Uncategorized