Empat Alasan Pacar tidak Melarang Merokok

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Persoalan merokok memang banyak diperbincangkan. Ada yang berpandangan bahwa rokok tidak baik bagi kesehatan bahkan bahayanya digadang-gadang sampai bisa merenggut nyawa. Ada pula yang berpandangan bahwa rokok sama sekali tidak merusak kesehatan. Terlepas dari itu semua itu hanyalah pandangan masing-masing orang.

Bagi saya merokok adalah aktivitas yang legal, jadi gak perlu menjadi perkara yang dikriminalisasi. Persoalan kesehatan itu bagaimana cara kita menyikapi kebutuhan kita, tentunya dengan pola hidup yang seimbang. Jadi gak ngaruh juga persoalan merokok atau tidaknya.

Mungkin pacar kita selalu melarang untuk rokok. Meski  gak semuanya begitu juga. Ini alasan mengapa pacar tidak melarang kita untuk tetap merokok:

Pertama, pacar kita mempunyai pandangan yang moderat. Selalu menghargai pendapat orang lain, ya karna itu dia mau mendengarkan kita bahwa rokok tidak pengaruh utama dalam kesehatan.  Dia juga menghargai hak masing-masing orang, sehingga ia tidak mau terlalu ikut campur dengan persoalan pacarnya soal merokok. Bukan tidak sayang tapi pacar yang satu ini tidak mau mengurus hal yang begini. Baginya ia merasa tidak berhak terlalu jauh menggugat hak pacarnya sendiri. Menghargai hak dan cara pandang masing-masing merupakan kunci dalam perjalanan kisah asmaranya.

Baca Juga:  Kim Jong-un Rela Puasa Rokok Demi Perdamaian Korea

Kedua, pacar kita kelewat sayang  terhadap kita. Ini bisa dibilang cewenya dahulu yang menyatakan cinta terhadap kita. Jadi persoalan sepele seperti rokok tidak memudarkan rasa cintanya. Bagi dia merokok tidak sedikit pun mengurangi rasa cinta, jadi tidak masalah kalo kita merokok. Rasa tulus mencintai kita apa adanya merupakan pondasi awal dalam menjalin hubungan. Ya, kalo memang suka merokok mau diapain lagi, kan tidak merugikan satu sama lain. Itulah pemikiran yang ada dalam benaknya. Mau ngapain aja asal tidak merusak janji yang telah dibuat, misalkan mau makan malam atau nonton bioskop. Selalu konsisten. Itu tidak memudarkan rasa cintanya.

Ketiga, harus menempuh perjanjian dahulu. Karena terkontaminasi dengan stigma-stigma yang beredar luas akan bahayanya merokok pada kesehatan, jadi ada rasa kekhawatiran pacar kita kalo masih merokok. Bukan langsung melarang dengan habis- habisan tapi dengan syarat harus mengurangi mengonsumsi merokok. Entah apa karena rasa sayang terhadap kita karena ia tidak mau melihat kita sakit. Padahalkan rokok bukan penyebab utama bagi kesehatan. Tapi yah itu lah syarat untuk menjalin hubungan dengannya, cuma mengurangi saja tidak disuruh berhenti total. Perlu waspada terhadap pacar agar tidak dilihat terus-terusan merokok.

Baca Juga:  Bhinneka al Farfumiyah

Terakhir, pacar yang satu ini sangat simpel untuk persolan merokok. Asal jangan merokok depan mukanya saja. Bukan kita diajarin untuk sembunyi-sembunyi, sepanjang asapnya tidak sampai dihembuskan ke mukanya. Bukan pacar saja yang melarang begitu, temen kita juga bakalan marah jika kita bertingkah seperti ini, ya gak sopankan. Pacar yang satu ini tidak akan melarang kita untuk merokok karena ia juga merokok. Asik kan dapet pacar yang kayak gini. Bisa joinan kalo mau merokok pas kondisi keuangan lagi tidak bagus. Kita bisa beli rokok dengan patungan biar lebih irit.

Walaupun kita tidak dilarang pacar kita untuk merokok, jangan lupa kita harus tetap menjadi perokok santun. Jangan merokok di sembarang tempat. Misalnya saat berkendara jangan sekali-kali kita merokok, karena abu rokok akan menggangu pengguna jalan yang lain. Nah jangan lupa juga untuk membuang puntung pada tempat sampah, agar kebersihan terus terjaga.

Wahyu Heri

Banyak buku, sedikit nyender, tapi tidak oleng.