Tingwe

Begini Cara Membedakan Lintingan Rokok dan Ganja

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Secara umum lintingan rokok atau yang disebut rokok tingwe kontennya berisi tembakau. Adapun tambahan lain, berupa cengkeh atau wur, sebagai penguat citarasa biar lebih sedap gitu. Bukan lagi hal tabu, jika di masa sekarang banyak perokok beralih ke tingwe. Ini merupakan satu fenomena yang lagi tren di sejumlah kalangan.

Tradisi melinting tembakau sendiri di Indonesia sebetulnya sudah berlangsung lama. Berbagai referensi telah mengungkapkan sejarah-budaya penggunaan tembakau di bumi Nusantara ini. Baik itu untuk dikunyah dengan sirih maupun dibakar sebagaimana mengisap rokok.

Namun, seiring perkembangan zaman, di tengah gencarnya kampanye antitembakau yang kerap mendiskreditkan keberadaan vegetasi yang mengandung nikotin ini. Tak sedikit masyarakat memandang miring penikmat produk tembakau.

Bahkan kampanye kesehatan yang kerap pula menggunakan mitos kesehatan, menyamakan bahaya tembakau dengan komoditas lain yang berstatus narkotika. Mungkin bukan lagi hal baru, ketika kita mendengar kampanye antirokok yang menyebutkan bahwa rokok sebagai gerbang narkoba. Jargon semacam ini jelas sesat pikir sekali.

Baca Juga:  Beda DC dan Marvel Perihal Rokok dalam Film

Untuk itu, melalui tulisan ini, saya akan berbagi secuil pengetahuan tentang perbedaan lintingan rokok dengan lintingan ganja. Pasalnya, tidak semua masyarakat yang paham perbedaan keduanya ketika sudah berbentuk lintingan.

Pertama

Rokok lintingan bisa dikenali dari bentuk lintingannya yang terkesan padat. Selain itu pada ujung bagian yang akan dibakar, umumnya tidak dibuat lancip. Para penikmat tingwe terbiasa membuat lintingan rokok tingwenya berbentuk konus dan ujung bagian yang akan dibakar dilipat biasa. Bahkan ada yang tanpa perlu dilipat lagi, langsung dibakar saja.

Kedua

Pada bagian kertas lintingan, meski samar dipandang, tekstur kontennya lebih terlihat rapi dan rata. Warna tembakaunya pun jika itu kuning, akan terlihat kuning samar gitu. Berbeda dengan lintingan ganja, cenderung tidak rata. Lantaran ganja tidak dirajang dengan halus, berbeda dengan tembakau yang dirajang halus.

Ketiga

Secara ukuran, umumnya penikmat ganja terutama kelas amatiran, membuat lintingannya tak seberapa besar dan panjang. Lebih kecil dari lintingan rokok. Mungkin karena berhitung faktor-faktor yang ditimbulkannya, atau hal lain yang berkaitan dengan harganya yang jauh lebih mahal dari tembakau. Kalau rokok lintingan, iya umumnya panjang dan dibuat lebih besar nan padat.

Baca Juga:  Merek Rokok Terkenal yang Sudah Tidak Diproduksi

Setidaknya tiga hal itu yang bisa dijadikan acuan secara kasat, perbedaan rokok lintingan dan lintingan ganja. Jika sudah dibakar, tentu dari baunya saja sudah ketahuan, kemudian pada lintingan ganja akan keluar minyaknya yang tampak pada bagian bakarannya.

Jibal Windiaz

anak kampung sebelah