rokok

Tips Merokok di Bulan Ramadhan

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Aktivitas merokok menjadi hal yang wajib untuk dihindari saat berpuasa. Namun demikian, mengatur waktu rokok juga wajib dilakukan di saat waktu berbuka hingga imsak tiba. Agar kalian tetap fit maka berikut kami berikan tips merokok yang tepat di bulan Ramadhan.

Meskipun merokok dilegalkan namun porsinya tetap harus diatur terutama di bulan ramadhan. Seperti layaknya juga makan dan minum, ketika buka puasa dengan konsumsi yang berlebihan pun tak baik untuk kesehatan badan.

Rasulullah SAW menganjurkan untuk hanya berbuka dengan minum air putih dan hanya dengan tiga buah kurma saja. Tentu anjuran ini berkaitan dengan kesehatan, pasalnya perut yang kosong saat berpuasa pasti akan kaget jika langsung diisi dengan makanan yang melimpah.

Begitu juga dengan merokok. Barangkali mulut dan tenggorokan kita butuh adaptasi terlebih dahulu setelah kurang lebih 14 jam berpuasa. Jika langsung dijejali dengan berbatang-batang rokok saat berbuka tentu juga akan kurang baik.

Tips merokok saat berpuasa adalah berbuka dengan merokok yang secukupnya saja. Pasalnya, setelah berbuka akan ada aktivitas lain yang harus dikerjakan seperti sholat maghrib, isya, dan tarawih. Bahkan antara maghrib dan isya memiliki waktu yang pendek alhasil harus segera dilaksanakan.

Baca Juga:  Selalu Ada Waktu untuk (sebatang) Rokok

Jika anda ingin menikmati rokok dengan bebas dan nikmat saat Ramadhan, maka lakukan itu setelah tarawih. Di bulan puasa, malam hari biasanya banyak aktivitas yang dilakukan, baik itu nongkrong bersama, ataupun tadarusan di masjid, jadi bisa dilakukan sambil sesekali menikmati rokok.

Sangat tidak dianjurkan juga untuk menikmati rokok berlebih di kala sahur. Alasannya adalah yang pertama tentu mengingat waktu sahur yang tak panjang. Biasanya mulai sahur pukul 3:30, dan mulai puasa lagi di pukul 04:15, praktis anda hanya punya waktu 45 menit. Sedangkan satu batang rokok saja bisa menghabiskan waktu sekitar 10 menit.

Kedua, terlalu banyak merokok di kala sahur akan membuat tenggorokan anda kekeringan saat berpuasa. Tentu hal ini bisa terjadi jika aktivitas merokok yang anda lakukan tidak dibarengi dengan minum air putih yang banyak. Akibatnya, di tengah hari anda bisa merasakan haus yang sangat.

Sudah barang tentu aktivitas merokok saat berbuka dan sahur dilakukan dengan secukupnya saja. Bisa agak bebas untuk menikmatinya saat seusai tarawih. Begitu tips merokok dari kami semoga bisa kalian terapkan.

Baca Juga:  Pensiunnya Marcello Lippi, Pelatih Perokok yang Membawa Italia Juara Dunia
Indi Hikami

TInggal di pinggiran Jakarta