kandungan dalam rokok

Apa Saja Kandungan dalam Rokok?

Rokok atau Sigaret merupakan lintingan atau gulungan tembakau yang di bungkus dengan kertas, daun, atau kulit jagung. Ukuran rokok biasanya sebesar kelingking dengan panjang sekitar 8 sampai dengan 10 centimeter. Rokok biasanya dihisap pada ujungnya yang sebelumnya telah dibakar pada ujung lainnya.

Rokok sendiri memiliki beberapa jenis tergantung dari bahan pembungkusnya atau Kandungan dalam Rokok. Di Indonesia terdapat beberapa jenis rokok dengan bahan pembungkus yang berbeda seperti Sigaret (Kertas) Klobot (Kulit Jagung), Kawung (Daun Aren), Cerutu atau Sigar (Daun Tembakau), Tawa (Daun Pandan), dan Rokok yang dibungkus dengan Daun Nipah.

Sedangkan untuk Kandungan Dalam Rokok, jenis rokok dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu Rokok Putih (Tembakau dan Saus untuk rasa/aroma) serta Rokok Kretek (Tembakau, Cengkeh, dan Saus untuk rasa/aroma). Selain kedua jenis rokok tersebut, di Indonesia terdapat beberapa rokok dengan kandungan yang beragam.

Kandungan pada rokok tidak hanya bersifat negatif namun juga banyak memiliki manfaat baik dari segi ekonomi ataupun kesehatan. Berikut ini adalah beberapa Kandungan dalam Rokok yang perlu anda ketahui:

Tembakau

Tembakau adalah kelompok tumbuhan Genus Nicotiana yang daunnya digunakan sebagai bahan baku utama dalam pembuatan rokok. Salah satu Kandungan Dalam Rokok ini memiliki banyak manfaat seperti meredakan alergi dan sumber protein nabati. Selain itu tembakau juga memiliki potensi sebagai obat herbal untuk mengobati berbagai penyakit.

Baca Juga:  Tarif Cukai Rokok 2022: IHT Jadi Sapi Perah

Cengkeh

Cengkeh atau cengkih adalah salah satu bahan utama dari Rokok Kretek selain tembakau. Tanaman rempah ini memiliki nama latin Syzgium Aromaticum dan sering digunakan sebagai bumbu, ramuan obat, serta campuran Kretek tentunya. Cengkih merupakan rempah kaya manfaat yang banyak dicari bangsa Eropa terutama pada Abad Pertengahan.

Kemenyan

Kemenyan merupakan getah kering yang berasal dari batang pohon kemenyan. Rempah ini memiliki aroma wewangian khas dan sering digunakan sebagai campuran rokok kretek. Selain sebagai campuran rokok kretek, kemenyan digunakan sebagai bahan obat, campuran parfum, aroma terapi, bahan pengawet, bahan campuran kosmetik, dan perlengakap ritual (dupa).

Klembak

Klembak adalah tumbuhan penghasil bahan obat dan juga wewangian. Akar klembak yang sudah dikeringkan memiliki aroma yang khas. Rempah ini juga menjadi salah satu Kandungan Dalam Rokok kretek bersama kemenyan. Perpaduan kedua rempah tersebut mengeluarkan bau harum dan sering disebut Kretek Klembak Menyan atau Rokok Siong.

Adas

Adas adalah jenis tanaman yang berasal dari wilayah Asia Barat dan masuk ke dalam familia apiaceae. Di Indonesia, tanaman ini dibudidayakan sebagai tanaman obat dan juga bumbu masakan. Buah adas yang sudah matang memiliki aroma yang sangat khas dengan sedikit rasa manis, pedas, dan memiliki sifat hangat.

Baca Juga:  Melihat Bagaimana Perokok Memahami Tar

Kandungan dalam Rokok di atas tentu saja banyak ditemukan pada produk-produk rokok di Indonesia. Beberapa jenis rempah yang terkandung di dalam rokok tentu banyak memberikan manfaat terutama bagi kesehatan. Berbagai racikan rokok ini memang hanya bisa anda temukan di Indonesia, hal ini tentu saja mencerminkan bagaimana olah kreasi dan rasa dari masyarakat Indonesia yang beragam.

Pastinya anda wajib untuk mencoba berbagai jenis rokok dengan beragam kandungan rempah khas Indonesia. Selain bisa memberikan relaksasi, manfaat rempah yang terkandung di dalamnya juga akan memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. Demikian informasi yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Komunitas Kretek
Latest posts by Komunitas Kretek (see all)