Press ESC to close

3 Manfaat Nikotin bagi Tubuh Manusia

Banyak tumbuhan yang mempunyai beragam manfaat bagi manusia. Salah satunya ialah nikotin, zat alami yang mempunyai segudang manfaat bagi kita manusia. Sehingga pada praktiknya, banyak sekali yang merebutkan tanaman ini sejak dahulu yang kita kenal dengan perang nikotin atau nicotine war

Beberapa waktu lalu, saya membaca sebuah artikel. Dalam artikel itu menyebutkan bahwa belakangan ini kasus keracunan nikotin pada anak akibat rokok elektrik (vape) meningkat. Meski banyak yang menganggap rokok elektrik lebih aman dari pada rokok konvensional, namun pada kenyataannya tidak.

Fyi, kandungan nikotin yang ada pada rokok elektrik dan rokok konvensional itu berbeda. Jika rokok konvensional itu, zat nikotin itu secara alami sudah ada di tanaman tembakau yang kita hisap. Namun zat nikotin yang ada pada rokok elektrik ialah senyawa yang mirip dengan nikotin atau bisa disebut sebagai NRT (Nicotine Replacement Teraphy). 

Awal Mula Nicotine War

Jika melihat kilas balik nicotine war, terciptanya NRT itu karena upaya pihak farmasi yang gagal dalam mematenkan zat bernama nikotin. Industri farmasi mengetahui bahwa zat nikotin itu sangat bermanfaat bagi tubuh, maka dari itu ia mengupayakan segalanya untuk mendapatkannya. 

Jelas tidak mungkin bagi sebuah industri untuk mematenkan zat alami yang terkandung pada tumbuhan. Sebetulnya, nikotin itu tidak hanya terdapat pada tembakau saja, namun juga terdapat pada sayur-sayuran yang lain yaitu tomat, terong, kembang kol dan kentang. 

Baca Juga:  4 Merek Rokok Paling Laris di Indonesia

Melihat upayanya sia-sia, pada tahun 1962 para ilmuwan dari perusahaan farmasi Pharmacia mulai meneliti nikotin. Hingga pada tahun 1971 mereka telah menyempurnakan produk permen karet yang mengandung nikotin. Kemudian permen karet itu dipasarkan dengan nama Nicorette.

Setelah kemunculan Nicorette, kemudian muncul berbagai macam produk yang mengandung nikotin seperti koyok nikotin. Hingga saat ini sudah banyak muncul produk alternatif yang mengandung nikotin yang bertujuan untuk menggantikan rokok, salah satunya adalah rokok elektrik. 

Nikotin: Obat Ajaib

Karena saking banyaknya manfaat dari nikotin, maka orang terdahulu menyebut nikotin sebagai obat ajaib. Alasan mengapa banyak dari kita mengenal nikotin hanya dari tembakau bukan tanpa alasan. Tembakau sendiri memiliki kadar zat nikotin lebih tinggi daripada tanaman yang lain. 

nikotin obat

Dengan kadar nikotin yang tinggi itu, tembakau memiliki beragam manfaat juga untuk tubuh. Tembakau dapat melancarkan pencernaan, meringankan encok, mencegah infeksi melalui bau-bauan, menghangatkan yang kedinginan sekaligus menyejukan yang berkeringat hingga menimbulkan rasa kenyang bagi yang kelaparan. 

Tak heran, sejak dahulu banyak yang merebutkan tembakau. Tak jarang juga yang menyebut tembakau sebagai Emas Hijau. 

3 Manfaat Nikotin

Mengutip dari halaman Halodoc.com, manfaat nikotin antara lain:

1. Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Nikotin dikenal sebagai senjata yang ampuh untuk meningkatkan kemampuan kognitif manusia. Pengaruh dari nikotin ini lebih besar daripada efek yang diperoleh dari zat lain sehingga nikotin mampu mengatasi penyakit saraf seperti parkinson. 

Baca Juga:  Mengenal Jenis-jenis Rokok

2. Dapat Membantu Mengobati ADHD (Attention-Deficit/Hyperactivity Disorder)

Orang dengan gangguan jiwa sering mengalami sulit konsentrasi dan menjadi hiperaktif dan impulsif. Pengidap penyakit ini akan sangat terbantu jika mengkonsumsi nikotin dalam pengobatannya. 

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Nikotin memiliki efek pada metabolisme tubuh. Hal ini dapat memicu tubuh untuk membakar jenis lemat tertentu melalui proses Thermogenesis. Nikotin juga mampu mengurang nafsu makan sehingga kita dapat mengontrol berat badan. 

Dengan melihat banyaknya manfaat nikotin untuk tubuh, maka sebetulnya kampanye yang digaungkan kawan kita antirokok itu merupakan kampanye yang tidak masuk akal. Tembakau dan nikotin itu satu kesatuan, tidak bisa dipisahkan. Jika mengkampanyekan antirokok, maka ia juga mengkapanyekan antinikotin. Sedangkan, nikotin adalah anugrah dari tuhan yang sangat bermanfaat bagi tubuh. 

Bagas Nurkusuma Aji

Bagas Nurkusuma Aji

Videografer di Komunitas Kretek. Lahir dan besar di Turi, Sleman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *