pedagang tembakau

Pedagang Tembakau di Temanggung Juga Jadi Sasaran Vaksinasi

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Vaksinasi serentak sebagai upaya pencegahan penyebaran virus covid-19 telah dilakukan pada lebih dari seribu pedagang tembakau di Temangggung. Dalam menyikapi kondisi pandemi ini, Pemkab Temanggung sangat mengharapkan semua pelaku di bisnis pertembakauan untuk tercegah dari paparan virus mematikan itu.

Mengingat pula, dalam waktu dekat ini panen raya tembakau di Temanggung akan berlangsung. Seperti yang sudah-sudah, masa panen raya adalah kesempatan penting bagi masyarakat Temanggung dalam menjual hasil panennya.

Tanaman tembakau sebagai sumber penghidupan masyarakat Temanggung diakui telah memberi manfaat ekonomi serta menyumbang pendapatan daerah. Di kota penghasil tembakau ini terdapat sejumlah gudang milik perusahaan rokok besar.

Aktivitas panen serta penjualan tembakau yang berlangsung di gudang dan beberapa titik lainnya menjadi sorotan Pemkab untuk merealisasikan harapannya. Tidak hanya didasari untuk pencegahan penyebaran virusnya. Hal itu dilakukan demi menyeimbangkan roda ekonomi yang selama ini terganggu semasa pandemi.

Sebagaimana kita tahu juga, merosotnya harga jual tembakau pada tahun lalu saja sudah cukup menjadi pelajaran bagi stakeholder pertembakauan. Terlebih bagi petani dan pedagang tembakau. Vaksinasi yang dilakukan ini diharapkan dapat memberi kelonggaran. Sehingga semua proses perdagangan tembakau ke gudang-gudang dapat berlangsung lancar.

Baca Juga:  Pembodohan Kaum Anti Rokok

Mengingat lagi proses jual-beli tembakau di Temanggung dipandang sangat potensial menimbulkan terjadinya penularan covid. HM Al Khadziq sebagai Bupati Temanggung dalam mendorong agenda vaksinasi ini pun mendapatkan apresiasi dari perwakilan pabrikan yang ada.

Langkah yang ditempuhnya ini tak sekadar menyangkut vaksinasi, putera daerah ini mengharapkan juga kepada masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan. Di antaranya untuk tetap memakai masker, mencuci tangan, serta menjaga jarak dan mengatur jadwal penjualan tembakau ke gudang.

Penerapan protokol kesehatan secara ketat demikian ditekankan Pemkab bagi semua lapisan masyarakat di daerahnya. Dalam proses jual-beli tembakau di Temanggung, dirinya mengaku memilki tuntutan terkait penerapan prokes serta kualitas.

Hal itu jika diterapkan dengan baik tentu akan dapat menekan risiko penularan. Dengan demikian, kelancaran transaksi ekonomi terjaga dengan baik. Sekaligus pula tidak akan mempengaruhi harga tembakau.

Tentu saja kita pun turut mengapresiasi langkah yang ditempuh Bupati Temanggung, bukan apa-apa, kondisi pandemi yang tak kunjung teratasi telah memberi pukulan yang luar biasa bagi masyarakat. Terutama menyangkut persoalan ekonomi.

Baca Juga:  Upaya Blitar Membangkitkan Tembakau Selopuro

Dengan terselenggaranya vaksinasi secara merata, meski tak menjamin sepenuhnya potensi penularan. Namun, setidaknya dapat menjadi satu antisipasi yang dapat memberi jaminan bagi kelangsungan ekonomi Temanggung. Sekaligus dapat membuktikan rasa tanggung jawab pemimpin daerah terhadap nasib masyarakat yang dipimpinnya.

Fahrizal Afdillah

Perokok setia