Press ESC to close

Tiga Cara Perokok Menghindari Kanker

Rokok selalu dianggap sebagai penyebab utama kanker. Padahal ya merokok atau tidak merokok setiap orang punya resiko terkena kanker. Memang rokok menjadi salah satu faktor resiko yang dapat menyebabkan kanker, tapi bukan menjadi penyebab utama apalagi tunggal.

Demi memiliki kesehatan yang prima, ada beberapa hal yang baiknya dilakukan oleh para perokok. Bukan hanya untuk menjaga kesehatan, tapi juga untuk menghindari penyakit mematikan macam kanker yang selalu dielu-elukan sebagai bukti mematikan dari rokok.

Berikut adalah beberapa hal tersebut:

  1. Menjaga pola konsumsi

Ini adalah salah satu kunci penting untuk menghindari kanker. Ada banyak makanan yang menjadi faktor resiko kanker serta penyakit mematikan lainnya. Anda yang tak merokok tapi sering mengkonsumsi makanan cepat saji atau makanan berminyak pun besar risikonya terkena penyakit pembuluh darah dan jantung.

Karena itulah menjaga pola konsumsi menjadi penting bagi para perokok. Banyak minum air putih, mengkonsumsi buah dan sayur akan membuat Anda terhidar dari penyakit. Boleh makan daging atau makanan berlemak dan tinggi kolesterol, asal jangan berlebihan. Karena kunci dari cara pertama ini adalah menjaga pola konsumsi yang seimbang.

  1. Pola Hidup yang Baik
Baca Juga:  Review Rokok Nusa Habbat's, Hanya untuk Warga Nahdliyin?

Mulai berolahraga adalah poin penting dari pola hidup yang baik. Sebagai manusia, kita memiliki resiko terkena penyakit mematikan. Entah merokok atau tidak, tapi daya tahan tubuh harus dijaga. Salah satunya dengan berolahraga.

Tapi bukan melulu soal olahraga, inti dari hidup yang sehat adalah segala sesuatu yang seimbang. Olahraga memang penting, tapi biasakan hidup yang teratur dengan istirahat yang cukup. Meski pekerjaan menyita waktu anda tiap harinya, tapi jangan melupakan olahraga teratur dan istirahat yang cukup.

  1. Hidup Bahagia

Banyak orang tua di Indonesia yang hidup dengan umur panjang dan masih merokok. Malah, sebagian mereka adalah sepuh yang berumur di atas 80 tahun. Sebagian dari mereka masih segar bugar dan masih melakukan aktivitas sehari-hari. Bagaimana bisa?

Bahagia, ini adalah kunci utama agar bisa hidup sehat. Tentunya selain dengan dua poin di atas. Jika anda ingin sehat dan terhindar dari penyakit mematikan, mulailah dengan tidak memikirkannya. Semakin lama anda memikirkan penyakit itu, semakin besar pula kemungkinan anda mendapatkannya. Karena stres bukanlah bahagia, dan tidak bahagia itu tidak menyehatkan. Percayalah.

Baca Juga:  Benarkah Rokok Ultra Mild adalah Pengganti U-Mild?
Aditia Purnomo

Aditia Purnomo

Bukan apa-apa, bukan siapa-siapa | biasa disapa di @dipantara_adit