rokok cerutu

3 Merek Cerutu Murah yang Ada di Indonesia

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Selain dikenal dengan varian produk kreteknya, produk tembakau Indonesia lainnya yang juga dikenal adalah cerutu. Sehingga ada yang disebut Cerutek alias cerutu kretek. Berbeda dari cerutu yang dikenal dunia. Cerutu khas ini ada yang harganya cukup bergengsi, adapula yang tergolong cerutu murah.

Dari sini mengisyaratkan betapa kaya negeri ini dengan kearifan lokal masyarakatnya. Di sisi lain, secara ekonomi juga memberi pemasukan yang tidak kecil kepada negara. Banyak masyarakat bergantung pada sektor pertembakauan ini.

Umumnya, cerutu yang ada di Indonesia merupakan cerutu dengan bahan baku daun tembakau lokal yang juga mendunia. Kota Jember menjadi salah satu daerah pengekspor tembakau untuk cerutu di luar negeri. Tak heran jika tembakau dari Indonesia cukup dikenal dunia.

Ada beberapa merek cerutu lokal yang cukup dikenal di pasaran dalam negeri. Cerutu ini sudah dikenal sejak lama sebagai cerutu murah. Mungkin tak terlalu banyak orang yang tahu dengan tiga merek cerutu di bawah ini, tapi sebetulnya sudah cukup populer sejak lama.

Baca Juga:  Surat Seorang Perokok untuk Para Tenaga Medis

Cigarillos

Cerutu yang satu ini dijual per bungkus berisi 6 batang. Cigarillos adalah salah satu produk besutan PT Djarum ini memiliki cita rasa yang khas. Berbeda dari cerutu lokal lainnya. Cerutu mini ini harganya sekitar Rp 10.000-an.

Pada komposisinya terdapat unsur cengkeh berkualitas, sehingga menghasilkan citarasa tersendiri. Tidak seperti umumnya mengonsumsi cerutu luar negeri. Membakar cerutu mini ini cukuplah mudah, kita tak perlu memotong ujungnya. Tarikannya enteng, berbeda betul dari cerutu pada Kuba pastinya.

Kenner Bollero

Cerutu ini lebih gemuk, style cerutu macam ini disebut Bollero. Merek Kenner ini sudah dikenal sejaka lama. Per kemasan berisi 20 batang. Harganya sekitar Rp 25.000-an. Ini adalah salah satu produk besutan produsen cerutu legendaris, Pabrik Cerutu Arizona di Temanggung.

Selain Kenner, pabrik ini juga memproduksi beberapa merek lainnya. Ada juga yang dikenal dengan merek Havana Extra Fine, berisi 30 batang. Harganya pun terbilang murah, hanya Rp 30.000-an.

Adipati

Merek cerutu Adipati terbilang banyak pilihan, baik dari sisi citarasa, ukuran, juga harganya. Salah satu yang terbilang murah dikenal dengan merek Adipati Half Corona. Satu bungkusnya berisi 5 batang, dengan harga Rp 50.000-an.

Baca Juga:  3 Tempat Asyik Buat Merokok Walau Duitmu Cekak
Jibal Windiaz

anak kampung sebelah