Perokok Dinista, Perokok Penyelamat Bangsa

Tips Menghindari Kanker Bagi Para Perokok

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Rokok sering kali dianggap sebagai penyebab utama kanker. Bahkan semua penderita kanker pasti akan lebih dulu ditanyakan apakah mereka mengonsumsi rokok atau tidak. Padahal, ya, merokok gak merokok setiap orang punya risiko terkena kanker. Memang rokok menjadi salah satu faktor risikonya, tapi bukan menjadi penyebab utama apalagi tunggal.

Demi memiliki kesehatan yang prima, ada beberapa hal yang baiknya dilakukan oleh para perokok. Bukan hanya untuk menjaga kesehatan, tapi juga untuk menghindari penyakit mematikan macam kanker yang selalu dikampanyekan sebagai bukti bahaya rokok.

Berikut adalah beberapa hal tersebut:

Menjaga pola konsumsi

Ini adalah salah satu kunci penting untuk menghindari kanker. Ada banyak makanan yang memiliki kandungan yang berpotensi mengaktifkan sel kanker serta penyakit mematikan lainnya. Anda yang tak merokok tapi sering mengonsumsi makanan cepat saji dengan pewarna dan pengawet atau makanan bakaran pun besar risikonya terkena penyakit kanker, juga termasuk pembuluh darah dan jantung.

Karena itulah menjaga pola makan seimbang menjadi penting bagi para perokok. Banyak minum air putih, mengonsumsi buah dan sayur akan membuat Anda terhidar dari penyakit. Boleh makan daging atau makanan berlemak dan tinggi kolesterol, asal jangan berlebihan. Karena kunci dari cara pertama ini adalah menjaga pola konsumsi yang seimbang.

Baca Juga:  Penghancuran Kretek oleh Philip Morris

Pola Hidup yang Baik

Mulai berolahraga adalah poin penting dari pola hidup yang baik. Sebagai manusia, kita memiliki risiko terkena penyakit mematikan. Entah merokok atau tidak, tapi daya tahan tubuh harus dijaga. Salah satunya dengan berolahraga.

Tapi bukan melulu soal olahraga, inti dari hidup yang sehat adalah segala sesuatu yang seimbang. Olahraga memang penting, tapi biasakan hidup yang teratur dengan istirahat yang cukup. Meski pekerjaan menyita waktu anda tiap harinya, tapi jangan melupakan olahraga teratur, kurangi begadang dan istirahat yang cukup.

Hidup Bahagia

Banyak orang tua di Indonesia yang hidup dengan umur panjang dan masih merokok. Malah, sebagian mereka adalah sepuh yang berumur di atas 80 tahun. Sebagian dari mereka masih segar bugar dan masih melakukan aktivitas sehari-hari. Lho, kok bisa?

Bahagia! Ini adalah kunci utama agar bisa hidup sehat. Tentunya selain dengan dua poin di atas. Jika anda ingin sehat dan terhindar dari penyakit mematikan, mulailah dengan tidak memikirkannya. Semakin lama anda memikirkan penyakit itu, semakin besar pula kemungkinan anda lemah dan berujung stres. Penuhi hidup anda dengan keceriaan, bukan dengan amarah apalagi kebencian.

Baca Juga:  Belajar Memahami Manfaat Lain Tembakau

Percayalah, hati yang gembira adalah obat.

Aris Perdana

Manusia yang dikutuk untuk bebas | @arisperd