Musim Listrik Padam Tiba, Para Perokok Wajib Memperhatikan Tiga Hal Ini

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Warga Jakarta dan sekitarnya tiba-tiba digegerkan dengan kejadian yang cukup unik dan langka. Selama hampir dua belas jam, mulai pukul 11.47 WIB, aliran listrik padam di hampir semua wilayah Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat. Dampaknya, selain hampir seluruh aktivitas masyarakat yang mengandalkan listrik tidak bisa berjalan, dua moda transportasi massal KRL dan MRT berhenti beroperasi dan sinyal operator telekomunikasi pun timbul tenggelam.

Memang tak ada kepanikan yang berarti mengingat kejadian itu terjadi di Minggu siang (4/8/2019) hingga sore. Pihak PLN menyebutkan bahwa problem tersebut terjadi akibat adanya gangguan gas turbin 1 di sampai 6 di Suryalaya dan Pembangkit Listrik Tenaga Gas Turbin di Cilegon.

Parahnya, hambatan mengakses listrik ini diperkirakan akan terus berlangsung. Kabarnya beberapa daerah di Tangerang, listrik masih padam hingga malam hari. Fenomena yang cukup jarang terjadi di Pulau Jawa mengingat akses listrik yang selama ini tak pernah mengalami kesulitan. PLN juga menyebutkan bahwa kerugian sudah ditaksir secara minimal sebesar 90 miliar rupiah, angka yang cukup besar.

Baca Juga:  Sudahkah Kretek Mendapat Tempat Prestisius?

Bagi warga di Pulau Jawa yang memang tak pernah kesulitan mengakses listrik tentu hal ini cukup menjengkelkan. Ibu-ibu kesulitan untuk memasak nasi, akses air juga menjadi sulit apalagi yang tak menggunakan sumur pribadi yang ditarik airnya memakai gerek. Bahkan di perkotaan, para pengemudi ojek online juga bisa dipastikan tak bekerja. Kalau sudah listrik mati dan sinyal tak bisa diakses, bisa dikatakan aktivitas nyaris lumpuh.

Tentu akibatnya masyarakat jadi sulit beraktivitas untuk bekerja. Memang ini adalah waktu yang tepat untuk beristirahat sejenak. Ada baiknya sambil menikmati waktu luang saat listrik padam dan sinyal sulit diakses anda mempersiapkan tiga hal ini:

Rokok (hanya untuk yang merokok)

Kecewa dan kesal boleh saja hadir saat momen listrik padam dan sinyal sulit. Tapi kepala dingin tetap perlu dijaga. Ada baiknya bagi anda yang merokok untuk mulai bakar sebatang rokok anda. pastikan pikiran tetap rileks sambil menikmati momen yang tak asyik. Mati lampu bisa terjadi kapan saja tapi rokok anda akan selalu menemani masa-masai sulit itu.

Baca Juga:  Deli, Kota Tembakau di Sumatera

Jika anda kehabisan rokok dan tak memegang uang tunai maka mulailah bercengkerama dengan tetanggamu atau orang disekitarmu. Andai mereka memiliki rokok maka jangan sungkan-sungkan untuk minta dan saling menyapa. Siapa tau momen ngerokok bareng saat listrik padam dan sulit sinyal membuat anda semakin kenal dan akrab dengan orang disekitarmu.

Minuman Hangat dan Buku Bacaan

Handphone akan menjadi barang yang paling tidak berguna saat listrik padam serta sulit sinyal. Kalau sudah begini buku bacaan jadi solusi pengibur penat yang paling tepat. Mulai ambil lagi buku yang pernah kamu beli atau dibaca. Lembar per lembar tentu anda akan semakin menikmati bacaannya.

Kenikmatannya akan semakin lengkap jika ditemani dengan minuman hangat baik itu teh, kopi, coklat, atau susu. Dispenser boleh saja tak bisa berfungsi saat listrik padam, tapi masih ada kompor gas toh? ya kalau emang juga tidak punya mulailah berjalan kaki dan kunjungi warung disekitarmu, lumayan biar badan gerak dan mengurangi kalori.

Baca Juga:  Mas Pram dan Rokok

Senter atau Lampu Emergency

Hal yang paling dikhawatirkan saat listrik padam adalah ketika waktu malam tiba. Biasanya Jakarta dan sekitarnya yang terang benderang kini menjadi gelap. Kalau sudah begini lampu cahaya bantuan sangat dibutuhkan. Sediakan senter dengan daya baterai yang penuh untuk beraktifitas ke dapur, kamar mandi, hingga yang lain.

Boleh juga dengan mengaktifkan lampu emergency. Bagi yang sudah berkeluarga barang ini tentu ampuh untuk meredam ketakutan anak-anaknya dari gelap. Lampu emergency ini tentu juga sangat berguna menjadi penerang di rumah anda.

Indi Hikami

TInggal di pinggiran Jakarta