perempuan merokok

Apa Rokok Paling Enak Versi Perempuan?

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Aktivitas merokok adalah budaya yang mewarnai khasanah peradaban di Indonesia. Sejak negara ini belum terbentuk, kegiatan menghisap tembakau itu sudah berlangsung lama. Catatan tentang rokok paling enak pun sudah lama tercatat oleh naskah-naskah sejarah nusantara.

Menariknya, aktivitas merokok ini sudah melekat dalam kelas sosial mana pun di nusantara. Di level kelas sosial manapun rokok tetap menjadi satu barang konsumsi bagi mereka, dan berlaku di kelompok gender manapun, baik perempuan atau laki-laki.

Bahkan ada catatan klasik yang menyebutkan bahwa Roro Mendut juga merupakan seorang perokok. Catatan ini mencerahkan kita bahwa ternyata tembakau juga sudah dihisap sejak lama. Sejak jaman nusantara dulu, belum terbentuk sebuah negara bernama Indonesia.

Hingga kini perokok perempuan pun ada di samping kita. Sayangnya, stigma sosial pun melekat pada mereka. Hal yang tak seharusnya terjadi, mengingat rokok adalah barang legal dan tak melekat pada satu kelompok gender tertentu.

Di sisi lain, terlepas dari itu, ada rokok-rokok yang juga mendapatkan stigma sebagai rokok yang sering dihisap oleh perempuan. Tulisan ini ingin menguak sejauh mana kebenaran dari stigma tersebut.

Baca Juga:  Urusan Merokok di Rumah adalah Perkara yang Mudah Diselesaikan

Setelah melakukan obrolan dengan beberapa teman-teman perempuan, mereka menyatakan ada beberapa rokok paling enak versi mereka. Uniknya, jawaban ini justru sedikit membantah argumen bahwa rokok rasa buah-buahan dan menthol jadi favorit seluruh perempuan di Indonesia.

Yaps, meski tak bisa dipungkiri bahwa rokok-rokok dengan rasa dan aroma tertentu seperti Esse, LA, Sampoerna, Marlboro Menthol diidamkan oleh beberapa teman-teman perempuan. Tapi nyatanya ada merek-merek dan produk lain jadi rokok yang digemari oleh beberapa dari mereka.

Tak sedikit teman-teman perempuan yang menyukai rokok Djarum Super atau Gudang Garam Filter. Anda tentu bisa menyaksikan banyak dari perempuan yang menikmati rokok ini. Di warung, tongkrongan, atau ruang publik lainnya.

Ada juga yang menyebut produk low tar low nicotine (LTLN) jadi rokok paling enak bagi mereka. Merek-merek seperti LA, Sampoerna Mild, Class Mild, adalah nama yang juga mereka sering sebut sebagai produk hasil tembakau yang identik dengan konsumen perempuan.

Jadi, asumsi bahwa teman-teman perempuan hanya menghisap rokok berasa dan beraroma buah saja tentu tidak benar sepenuhnya. Karena mereka juga memilih produk lain sebagai kategori rokok paling enak bagi mereka.

Baca Juga:  Tips Asyik Mengemas Bungkus Rokok Bergambar
Indi Hikami

TInggal di pinggiran Jakarta