Nasi Goreng Tembakau yang Tak Kalah Lezat dari Buatan Megawati Sokarnoputri

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Nasi goreng bukan hal yang asing lagi bagi masyarakat di Indonesia. Kudapan ini tak tentu berasal dari mana namun kehadirannya sudah lekat dan menjadi santapan yang familiar. Disantap baik itu sebagai sarapan pagi, makan siang, bahkan malam hari. Dengan bumbu-bumbu dan bahan yang sederhana, nasi goreng bisa disantap selagi hangat tatkala perut sedang lapar-laparnya.

Belakangan ini, nasi goreng menjadi lebih elit. Namanya digunakan sebagai jenis taktik dalam politik yang mampu melumpuhkan kubu musuh. Ketua Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Megawati Soekarno Putri dengan bangga menyatakan bahwa nasi goreng buatannya ampuh membuat Prabowo Subianto (Pesaing Joko Widodo dalam pemilihan presiden Indonesia 2019) takluk. Kita melihat bahwa sejak makan nasi goreng buatan Megawati, Prabowo kini kian kalem dan tak meledak-ledak seperti sebelumnya.

Nasi goreng Megawati memang menjadi sesuatu yang heboh belakangan ini. Jikalau kudapan bikinan Presiden kelima Republik Indonesia itu adalah yang paling nikmat menurut Prabowo, bagaimana dengan nasi goreng lainnya? Mengingat di negeri ini ribuan ragam jenis nasi goreng terhampar di seluruh penjuru negeri bak kekayaan kuliner tersembunyi yang patut dibanggakan. Ada nasi goreng kambing, kebuli, merah, gila, udang, hingga yang paling unik adalah nasi goreng tembakau!

Baca Juga:  Upaya Phillip Morris Mendominasi Bisnis Tembakau Dunia

Anda jangan membayangkan akan menyantap nasi goreng dengan suwiran tembakau kering yang sering dijumpai sebagai isi rokok. Jangan pula dibayangkan anda akan menyantap nasi goreng sambil menghisap sebatang rokok. Tidak, tidak, jangan dibayangkan demikian negatif seperti itu mentang-mentang selama ini rokok mendapatkan stigma buruk di tanah air. Nasi goreng tembakau jauh lebih nikmat dari bayangan kalian yang buruk-buruk itu.

Memang cukup sulit untuk menemui nasi goreng tembakau di kota-kota besar bahkan bisa dikatakan tidak ada. Pasalnya, nasi goreng yang disebut nasi goreng mbako ini bisa ditemui dan disantap di Temanggung. Disebut-sebut nasi goreng mbako ini jadi kuliner yang diburu wisatawan saat berkunjung ke Temanggung.

Wajar saja nasi goreng mbako jadi kuliner favorit wilayah yang bersebelahan dengan Semarang dan Magelang tersebut. Tembakau memang menjadi komoditas nomor satu yang paling dibanggakan oleh publik Temanggung. Daun-daun tembakau dari sana memiliki cita rasa khusus dan diperebutkan oleh pabrikan-pabrikan rokok top di Indonesia. Tapi jika bicara kembali soal nasi goreng mbako, bahan yang dipakai justru bukan daunnya melainkan bijinya. Caranya, biji tembakau digoreng sangan atau digoreng tanpa minyak selama sekitar 15 menit, selanjutnya, dicampur dengan bumbu nasi goreng.

Baca Juga:  Bulan Ramadhan, Bulan Pembuktian Rokok Bukan Candu

Menurut banyak penikmatnya, nasi goreng tembakau memiliki aroma tembakau yang lezat. Awalnya sedikit rasa pahit akan berasa namun lama kelamaan menjadi nikmat. Penampilannya juga tidak terlalu berbeda dengan nasi goreng biasa, berwarna kecoklatan, dihiasi irisan mentimun dan tomat, irisan telur dadar. Yang berbeda adalah taburan daun triwis atau daun kubis tua yang ditaburkan diatas nasi goreng.

Cukup menggiurkan bukan? Jika kalian tertarik datang langsung saja ke Temanggung!

Indi Hikami

TInggal di pinggiran Jakarta