3 Trik Menyalakan Rokok Tanpa Korek

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Bagi perokok, korek api adalah barang vital kedua setelah rokok. Rokok dan korek saling melengkapi. Rokok tanpa korek itu bagai Mamah Dedeh tanpa Aa Abdel. Terasa ada yang kurang. Kira-kira begitu.

Banyak kisah tentang orang-orang yang gagal merokok hanya karena gak punya korek. Suatu ketika saya pernah buang air besar di toilet umum. Saat hendak membakar rokok, saya baru sadar gak punya korek. Saya sejenak berpikir cara menyalakan rokok tanpa korek, namun buntu. Akhirnya saya memutuskan untuk lanjut buang air besar tanpa merokok. Seperti yang saya duga, buang air terasa hambar, gak nikmat.

Alasan seorang gagal merokok pun beragam, mulai dari yang sepele sampai yang aneh. Ada yang gagal merokok karena koreknya habis, ada yang koreknya hilang dicuri teman ditelan bumi, bahkan ada yang gagal merokok karena gak punya rokok. Pokoknya macam-macam deh.

Tapi gak perlu takut, berikut adalah tips dan trik bagi kalian yang mau merokok tapi terhambat karena gak punya korek.

Baca Juga:  Selayang Pandang Industri Klembak Menyan Purworejo

Gunakan Kompor

Orang bijak pernah berkata: “Tak ada rotan, akar pun jadi.” Tak ada korek, kompor pun jadi.

Rasanya hampir semua perokok pernah mencoba trik ini. Kompor memang menjadi solusi singkat yang paling awal terbesit saat seorang ingin merokok tapi gak punya korek. Tapi trik ini hanya berlaku saat sedang berada di rumah atau tempat lain yang tersedia kompor. Agak sulit menggunakan trik ini saat kalian sedang di kolam renang.

Trik ini juga punya beberapa efek negatif. Salah satunya permukaan batang rokok biasanya akan berwarna kehitaman akibat sumber api dari kompor yang terlalu besar. Ya, gak masalah sih. Gak terlalu ngaruh ke rasa.

Minta Api

Ngerti kan maksudnya? Yap! Minta api itu maksudnya pinjam rokok teman yang sudah menyala. Sebagian orang menyebutnya dengan istilah “nyetut”. Ada pula yang menggunakan istilah “nyamber” dan beberapa istilah lain.

Tekniknya cukup mudah. Kamu tinggal posisikan rokok yang mau dibakar ke sela-sela bibirmu, lalu hampiri temanmu yang sedang merokok, kemudian utarakan niatmu untuk meminjam rokoknya yang sudah dilengkapi bara api menyala. Setelah mendapat izin, segera tempelkan ujung rokok temanmu yang menyala tadi ke ujung bibirmu rokokmu. Saat kedua rokok bercumbu, hisap dan hembuskan rokok yang ada di bibirmu. Ulangi beberapa kali hingga bara api perlahan menjalar ke ujung rokokmu. Mudah, bukan?

Baca Juga:  Dua Maestro Seni Rupa Penghisap Tembakau

Oiya, teknik nyetut ini hanya bisa dilakukan jika kamu punya teman. Buat yang gak punya teman, kamu bisa coba tips berikutnya.

Nunggu Petir

Inilah trik paling pamungkas. Bagi kamu yang hendak merokok tapi gak punya korek dan kompor, ditambah gak punya teman pula, satu-satunya harapanmu adalah kuasa alam semesta.

Caranya sederhana. Pegang rokok yang mau kamu bakar di tangan kiri. Ingat, harus tangan kiri. Kemudian angkat tangan kirimu ke atas. Pastikan ujung rokokmu menunjuk ke langit. Selesai.

Hanya itu tugasmu. Sisanya kamu hanya perlu bersabar, biarkan alam yang bekerja.

Aris Perdana

Manusia yang dikutuk untuk bebas | @arisperd