industri rokok

Mengenal Brand Rokok Korea Agar Menjadi KPopers yang Kaffah

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Rata-rata penggemar KPOP atau biasa disebut KPopers adalah fans fanatik. Para KPopers tidak hanya mengikuti dunia musiknya saja, tapi juga budaya serta kearifan lokal masyarakat Korea Selatan. Selain bahasa lokal, agar menjadi KPopers kaffah kamu juga perlu tahu beberapa hal yang populer di sana, termasuk merek rokok korea, misalnya.

Sebagai informasi, regulasi merokok di Korea Selatan cukup ketat. Warga lokal juga turis mancanegara yang ada di sana yang merokok sembarangan bisa terancam sanksi. Memang sudah selayaknya kita merokok di ruang yang tersedia.

Brand rokok korea yang paling populer di sana adalah Esse. Perokok di Indonesia juga sangat kenal dengan brand ini. Esse adalah produk dari KT&G (Korea Tobacco & Ginseng). KT&G adalah perusahaan rokok besar asal Korea Selatan. Penjualan tahunan mereka tak pernah kurang dari USD 2 miliar, atau sekitar Rp 2,8 triliun.

Pemerintah Korea Selatan sempat memonopoli penjualan tembakau di sana, maka tak heran kalau Esse jadi produk yang paling populer di sana. Kini brand dari perusahaan rokok lain sudah bisa diperjualbelikan di sana, sehingga KT&G harus bersaing dengan brand kenamaan dunia.

Baca Juga:  Mempelajari Tata Laku Pemupukan Pada Lahan Tembakau

Sebuah survei tahun 2018 merilis statistik yang menunjukkan Dunhill dan Marlboro jadi dua brand paling sering dikonsumsi oleh perokok di sana. Sedangkan rokok korea super slim Esse kini sudah melebarkan pasarnya ke Eropa Timur, seperti Rusia.

Di Indonesia, rokok Esse juga cukup laris. Belum bisa diketahui apakah konsumen Esse di Indonesia merupakan KPopers. Tapi, beberapa teman saya yang KPopers memang merokok brand ini.

Nah, kalau suatu saat kalian berkesempatan berkunjung ke negeri ginseng Korea Selatan, kalian sudah tidak bingung kan harus merokok apa. Kayaknya tembakau linting agak jarang deh di sana. Jadi jangan cari yang aneh-aneh, ya.

Tapi ingat, kamu gak boleh merokok di sembarang tempat di Korea Selatan. Masyarakat di sana sangat disiplin. Salah-salah, kalian bisa dihukum. Gak cuma di Korea sih, di mana pun kalian harus jadi perokok santun.

Aris Perdana

Manusia yang dikutuk untuk bebas | @arisperd