tingwe

Agar Kertas Rokok Dapat Awet Tersimpan dan Tetap Nikmat

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Elemen penting berupa kertas rokok dari penikmat tingwe tak bisa diabaikan keberadaannya. Orang umum biasa menyebut elemen ini dengan sebutan papir. Bukan apa-apa, tanpa adanya papir niscaya aktivitas tingwe jadi terganggu. Jadi ya jelas, papir itu penting.

Seberapa penting sih memaknai papir dalam aktivitas tingwe. Iya bisa dibilang sepenting peran sambal pada rujak buah. Apa iya masih bisa disebut sedang menikmati rujak. Apa iya bisa dibilang sedang tingwean mengonsumsi tembakau tanpa kertasnya.

Memang sih ada pilihan lain buat melinting tembakau, daun kawung atau daun jagung misalnya. Namun di masa sekarang penggunaan elemen tradisional itu sudah sulit didapat. Daun kawung ataupula daun jagung, sejatinya memang alamiah dan relatif awet. Berbeda dengan kertas rokok yang tipis itu.

Nah, lewat tulisan ini saya akan sedikit menyoal seberapa lama kertas rokok bertahan disimpan, pula bagaimana untuk tetap menjaga tetap terjaga kualitasnya. Satu hal utama yang mesti diketahui, papir itu bisa disimpan seberapapun lamanya. Tapi jangan salah, jika kita tidak paham bagaimana menyimpan dan merawatnya iya rentan rusak ataupun berubah rasa saat digunakan untuk tingwe.

Baca Juga:  Merek Rokok Pilihan Para Tokoh

Pertama, kalau Anda adalah tipe yang suka nyetok papir dalam jumlah yang banyak. Pastikan barang penting itu di tempat yang kedap. Dalam arti kedap di sini tidak sesulit menyimpan makanan yang mudah basi. Hanya perlu dipastikan stok yang Anda punya itu tersimpan di suatu tempat yang terlindungi.
Terlindungi dari ancaman cuaca dan jangkauan anak.

Tahu sendiri kan, namanya juga anak-anak nalurinya serba ingin tahu. Lagipun itu kertas tipis, jangankan kena hujan, terkena tetesan air saja jadi tidak enak rasanya. Memang sih bisa kita jemur. Hanya saja akan mengurangi kenikmatan rokok tingwenya, ada unsur rasa yang berubah.

Kedua, agar kertas rokok tetap terlindungi, hindari dari tempat penyimpanan yang bercampur dengan benda-benda berbau menusuk. Jangan disimpan di kotak P3K dong, misalnya. Jauhi dari benda yang mengandung bau atau cairan kimiawi. Sebaiknya memang berada di dalam tempat khusus yang isinya hanya stok kertas rokok itu.

Ketiga, kertas rokok ini dapat awet berlama-lama disimpan, itu tentu saja. Hanya yang perlu diperhatikan lagi ketika Anda membawanya ke mana-mana untuk nanti dilinting di kalangan. Catatan penting lagi, sebaiknya tidak disimpan terpisah dari tembakau yang dibawa.

Baca Juga:  Review Djarum Coklat: Kretek Manis Pengusir Hawa Dingin

Jika Anda punya wadah tembakau linting yang biasa dibawa, iya simpan saja di wadah tersebut. Jangan sampai disimpan terpisah, misalnya hanya dimasukkan ke dalam saku celana tanpa pelindung lain, tanpa dibungkus plastik atau lainnya. Iya itu akan membuat rusak papir. Selain bakal lecek alias tidak rapi, juga akan terkontaminasi unsur yang terserap pada bahan saku celana Anda.

Jibal Windiaz

anak kampung sebelah