tingwe

Tiga Papir Favorit bagi Penikmat Tingwe

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Sejak tingwe menjadi populer di kalangan perokok akibat mahalnya harga rokok. Tak ayal segala hal yang berhubungan dengaan tingwe turut menjadi perhatian. Perhatian ini menyangkut keingintahuan akan konten tembakau. Termasuk pula yang tak kalah penting menyangkut kertas rokok atau papir untuk melinting.

Bagi penikmat tingwe yang sangat  mengedepankan citarasa, penggunaan papir tertentu mendapat tempat yang cukup khusus. Masalahnya sederhana saja, mereka tidak ingin kemurnian cita rasa tembakaunya bekurang lantaran kualitas papir yang buruk. Hampir di banyak kalangan, papir yang diakui bagus adalah papir yang memenuhi beberapa syarat.

Pertama, kertasnya tipis tanpa kandungan chlorine (pemutih kertas), kedua, kertasnya tidak cepat habis terbakar (slow burn), ketiga isinya tidak sedikit.

Beberapa merek papir yang memenuhi syarat tersebut sudah marak beredar di pasaran. Dulu sekali sewaktu awal-awal menggemari tingwe, saya pribadi hanya menggunakan papir Mars Brand. Lantaran merek itu yang mudah diakses, selain pula relatif murah. Pada masa itu di  Jakarta, biasanya di swalayan Circle K dan Gelael selalu menyediakannya. Berikut pula tembakau Shag yang populer juga disebut tembakau warning.

Baca Juga:  Dear Andi Arief, Rokok itu Menenangkan, Narkoba Tidak!

Namun seiring perkembangan, dengan semakin bertumbuhnya pasar penikmat tembakau linting di perkotaan. Sekali lagi ini berdasar pengalaman saya yang lahir dan besar di Jakarta. Papir yang mudah saya akses adalah kategori papir paling pavorit. Setidaknya ada tiga merek papir yang masuk kategori pavorit sebagai bagi saya.

Pertama, papir Mars Brand. Kertas linting ini cukup populer lantaran sudah lama ada di pasaran dan cukup mudah diakses di beberapa swalayan pavorit pada masanya. Papir Mars Brand termasuk  tipis dan kecil ukurannya, sedikit sekali kadar chlorine-nya. Selain itu papir ini nyaris seperti kertas minyak. Papir Mars Brand masuk kategori slow burn.

Kedua, papir Mascotte. Papir merek ini tidak seperti kertas minyak, cukup tipis dan terlihat lebih putih dibanding papir Mars Brand. Selain itu juga ukurannya lebih panjang. Papir Mascotte memiliki tekstur garis-garis tipis. Dilihat sekilas kertasnya tak terlalu berbeda jauh dengan beberapa jenis kertas papir manis. Satu lagi yang membuatnya berbeda dari papir Mars Brand, adanya unsur perekat pada tepi kertasnya.

Baca Juga:  Cerita Sebatang Cerutu

Ketiga, papir merek Raw. Papir ini memiliki banyak pilihan ukuran. Kertasnya tidak mengandung chlorine dan diproses berbeda dari jenis-jenis papir lainnya. Warnanya kecoklatan dan halus, bahkan cenderung menyerupai kertas minyak. Selain memiliki varian ukuran yang berbedaa-beda, papir merek ini memiliki varian aroma buah-buahan. Buat Anda yang suka dengan papir yang memiliki sensasi aromatik semacam itu, tak salah lagi untuk membeli papir merek Raw.

Tiga merek papir yang saya sebutkan di atas, saat ini mudah diakses. Beberapa online shop yang menyediakan konten tembakau serta kelengkapan penunjangnya, sudah banyak yang menyediakan tiga merek papir pavorit yang saya sebutkan itu. Silakan saja bagi Anda yang memiliki referensi papir pavorit lainnya, tapi setidaknya tiga merek di atas dapat menjadi rujukan bagi para penikmat tingwe pemula.

Jibal Windiaz

anak kampung sebelah