tingwe

Mengenal Jenis-jenis Papir Untuk Tingwe

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kini aktivitas melinting rokok atau tingwe telah menjadi gaya hidup tersendiri. Ditandai sejak naiknya tarif cukai rokok, tingwe menjadi pilihan merokok yang cukup ramah kantong. Nah, di sebagian kalangan penikmat tingwe, penggunaan kertas rokok atau yang lazim disebut papir, dipercaya dapat memberi nilai kenikmatan yang berbeda-beda. Biasanya ditengarai dari sisi ukuran panjang-pendeknya papir, ketebalannya, serta sesasi rasa yang terdapat pada kertasnya.

Di indonesia untuk penyebutan kertas rokok untuk tingwe terdapat beberapa penyebutan. Setidaknya di Pulau Jawa, ada yang menyebutnya garet, adapula yang menyebutnya shag, namun secara umum kerap disebut papir.

Tentu tidak hanya soal kualitas tembakau dan rempah sebagai isian utama yang menjadi perhatian penting. Terkait kenikmatan merokok tingwe, peran papir turut mempengaruhi kenikmatan isian tingwe itu. Memang sih, tidak semua penikmat tingwe menilai sama. Ada juga yang tidak mau repot menyoal papir, para penikmat yang membawa jargon ‘pokoknya yang penting ngebul’, itu adalah prinsip yang tak terbantahkan.

Baca Juga:  Nitisemito, Tjap Bal Tiga, dan Pembuka Zaman Industri Kretek

Untuk menambah khazanah kita, saya akan sedikit berbagi info tentang kertas rokok yang banyak beredar di pasaran. Setidaknya ada beberapa merek papir yang dapat menjadi rujukan. Seacara penggolongan, papir yang beredar itu terdapat dua macam. Ada papir yang manis dan ada papir yang tawar. Untuk mengetahui mana yang manis, tinggal kita jilat salah satu bagian ujungnya. Atau cukup dengan meraba salah satu ujungnya. Perbedaan teksturnya cukup mencolok kok.

Untuk kategori papir tawar, sudah sejak lama dikenal papir merek Mars Brand. Cukup diminati oleh kalangannya. Papir ini terbilang kertas rokok yang terbilang tipis dengan ukuran lebih kecil dari ukuran papir manis pada umumnya. Papir Mars Brand kadar chlorine-nya (pemutih kertas) terbilang rendah dibandingkan dengan produk selevelannya seperti merek Rizla dan Torreador.

Ada juga papir merek Mascotte. Banyak tersedia di toko-toko tembakau. Secara gramasi hampir serupa dengan golongan papir Mars Brand. Perbedaan harganya pun tak jauh mencolok dengan papir Mars Brand.

Seiring berkembangnya orientasi peminat tingwe, kini muncul juga beberapa merek papir yang menawarkan kualitas dan varian opsional, di antaranya papir merek Raw. Papir buatan Spanyol ini cukup diminati di kalangannya. Selain terdapat dua pilihan ukuran. Ukuran normal dan ukuran panjang. Produk papir merek Raw menawarkan inovasi berbeda dari Mars Brand. Terdapat beberapa varian aroma buah. Nyaris seperti aroma permen karet yang menguarkan sensai aroma buah-buahan.

Baca Juga:  Tipe Perokok Berdasar Cara Merokoknya

Nah, selain kategori papir tawar yang saya sebutkan di atas. Beredar cukup meriah di pasaran beberapa merek papir lokal. Umumnya papir lokal adalah jenis papir manis. Lembarannya tidak setipis papir tawar. Tapi juga ada beberapa pilihan yang mendekati papir Mars Brand tipisnya. Kalangan penikmat tingwe yang terbilang konseptual, tidak terlalu menyukai jenis papir ini. Alasannya selain karena manis, juga soal kadar chlorine yang dikandungnya. Sehingga terasa lebih tebal.

Untuk jenis ini ada beberapa merek yang sudah lama dikenal, di antara papir Cap Wayang, Cap Ramayana, Cap Kepala Jago, Cap Sinden, dll. Selain itu ada juga jenis papir yang ujungnya menyerupai kertas pelindung filter rokok. Ada yang seperti kertas rokok Mild, Gudang Garam, Djarum Super, dll. Penikmat tingwe yang biasa melinting menggunakan kertas ini umumnya menggunakan busa filter pada rokok tingwenya. Papir jenis ini masuk kategori varian dari papir manis di pasaran.

Jibal Windiaz

anak kampung sebelah