Apa Beda Rokok Clas Mild dan Clas Mild Silver?

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Ibarat minuman bersoda, rokok Clas Mild dan Clas Mild Silver sebenarnya bisa dianalogikan sebagai Coca-Cola biasa dan Coca-Cola Diet Coke. Rasa keduanya tak jauh berbeda. Hanya yang satu terasa lebih ringan. Tapi soal harga, keduanya punya rentang yang cukup jauh.

Clas Mild reguler lahir terlebih dahulu, tepatnya pada tahun 2003 silam. Pertama kali diluncurkan ke pasar pada tahun itu, produk ini hanya memiliki satu varian, yaitu varian isi 16 batang dalam satu bungkusnya.

Sebenarnya rokok Clas Mild ini adalah produk yang bersejarah. Pasalnya, rokok ini merupakan produk sigaret kretek mesin low tar low nicotine (LTLN) pertama yang dikeluarkan oleh PT Nojorono Tobacco International.

Sedangkan Clas Mild Silver diluncurkan pada 2019 lalu sebagai solusi di tengah semakin tingginya harga Clas Mild. Selain itu, produk ini menyasar generasi muda perkotaan yang membutuhkan rokok dengan sensasi rasa yang ringan.

Perbedaan pertama yang paling nampak dari dua rokok ini adalah bungkus. Clas Mild Silver sebenarnya  memiliki warna bungkus berwarna biru yang membuat orang sering menyebut rokok ini sebagai clas mild biru. Sedangkan Clas Mild biasa memiliki bungkus berwarna putih dengan corak dan motif yang khas.

Baca Juga:  3 Iklan Rokok Paling Memorable di Indonesia

Seperti yang disebutkan di atas, harga juga menjadi pembeda yang signifikan. Clas Mild biasa dihargai sebesar Rp 23 ribu untuk satu bungkus berisi 16 batang. Sedangkan Clas Mild Silver punya harga sebesar Rp 18 ribu hingga Rp 19 ribu untuk satu bungkus dengan isi yang sama.

Sekarang mari berbicara soal rasa. Unsur rasa manis menguat ketika kita membakar dan menghisap Clas Mild Silver ketimbang Clas Mild biasa. Perbedaannya, Clas Mild biasa punya rasa spicy yang lebih tebal meski rasa manisnya tetap ada ketimbang produk anakannya tersebut.

Rokok Clas Mild reguler juga memiliki tarikan yang lebih nendang ketimbang Clas Mild silver. Oh ya satu kelemahan yang dimiliki oleh Clas Mild biru adalah filter yang terasa panas ketika pembakaran mendekati tipping paper.

Demikian perbedaan antara rokok Clas Mild dan Clas Mild Silver. Kemasan, harga, dan tarikanlah yang memiliki perbedaan paling menonjol. Soal rasa, saya kira tak jauh berbeda. Jadi, di antara dua produk ini anda pilih yang mana?

Baca Juga:  Merokok Untuk Berobat
Indi Hikami

TInggal di pinggiran Jakarta