3 Rokok Termahal di Indonesia

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Harga rokok di Indonesia memang kian hari kian mahal. Meski begitu, ada beberapa merek rokok yang level mahalnya sudah ada di luar jangkauan sebagian kretekus di Indonesia. Kebanyakan sih memang jenis rokok putih yang menjadi rokok termahal di pasar Indonesia.

Meski begitu, tulisan ini tidak mau banyak bahas soal rokok putih. Kami akan menampilkan beberapa merek rokok kretek yang memiliki harga paling mahal di pasaran saat ini. Namun, perlu diingat, produk yang dibahas di bawah adalah kemasan isi maksimal 20 batang. Bukan produk isi 50 batang ya.

Berikut adalah 3 rokok termahal yang ada di pasaran Indonesia saat ini.

1. Surya 16 Exclusive

Produk dari Gudang Garam ini menjadi salah satu produk paling mahal, bahkan produk rokok termahal yang ada di pasaran saat ini. Dibanderol dengan harga di kisaran Rp 29 ribu sampai Rp 31 ribu, mungkin cuma merek ini kretek yang harganya tembus di atas Rp 30 ribu. Ya wajar sih toh ini memang produk eksklusif dari Gudang Garam.

Baca Juga:  6 Jenis Cerutu dan Cara Tepat Mengonsumsinya

Surya 16 Exclusive sendiri merupakan SKM Full Size premium yang dikeluarkan pabrikan asal Kediri tersebut. Dengan rasa yang lebih lembut dari Surya 16 biasa, boleh dibilang ini adalah upgrade yang baik dari produk tersebut.

2. Sampoerna Mild

Produk paling laris dari Sampoerna ini memang menjadi rokok kretek dengan harga paling mahal tahun lalu. Tahun ini, meski ada kenaikan tarif cukai yang tinggi, harga jual Sampoerna Mild tetap disesuaikan dengan kantong konsumennya agar bisa tetap terjangkau bagi mereka.

Rokok ini masih dibanderol di kisaran harga yang kurang lebih sama dengan tahun lalu, di antara Rp 24 ribu sampai dengan Rp 26 ribu per bungkus isi 16 batang. Boleh dibilang, produk ini menjadi rokok yang harganya tetap stabil karena mereka hampir tidak menaikkan harga jualnya sama sekali.

3. Djarum Super MLD

Terakhir ada Djarum Super MLD isi 20 batang. Produk dari Djarum ini terbilang memiliki harga yang tergolong mahal, tetapi juga murah. Dibanderol dengan harga di kisaran Rp 25 ribu sampai dengan Rp 27 ribu, rokok ini bahkan lebih mahal daripada Sampoerna Mild.

Baca Juga:  Gadis Kretek yang Meniupkan Aroma Cengkeh dan Tembakau ke Frakfurt

Namun, karena rokok ini memiliki isi 20 batang per bungkusnya, ya boleh dibilang juga jadi lebih murah ketimbang produk lain yang isinya hanya 16 batang. Meski begitu, produk ini harganya juga ditekan sebisa mungkin agar tetap terjangkau oleh konsumennya.

Itulah tiga merek rokok termahal yang ada di pasaran Indonesia saat ini. Walau ya masih ada rokok putihan macam Marlboro, Camel, Dunhill, atau Esse yang harganya menembus Rp 30 ribu, tapi rokok kretek tetap menjadi raja di pasaran Indonesia.

Aditia Purnomo

Bukan apa-apa, bukan siapa-siapa | biasa disapa di @dipantara_adit