Review Sampoerna A Mild, Sensasi Rasa Ringan Harga Lumayan

Review Sampoerna A Mild, Sensasi Rasa Ringan Harga Lumayan

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Rokok ini sangat populer. Biasa digunakan oleh perokok pemula, juga dikonsumsi banyak perokok lama yang memang menyukai genre mild. Bisa jadi rokok ini adalah salah satu raja di kategori mild. Ya, kita bicara Sampoerna A Mild.

Sampoerna A Mild adalah salah satu rokok kretek filter yang diproduksi oleh PT. HM Sampoerna Tbk. Banyak yang salah kaprah soal ini. Banyak yang mengira kalau rokok kretek adalah rokok tanpa filter. Padahal, seperti yang sudah banyak kita bahas, rokok kretek adalah rokok yang memiliki campuran cengkeh di dalamnya, dengan atau tanpa filter.

Sampoerna A Mild, sebagaimana kretek lainnya, juga menggunakan cengkeh. Hanya saja, ia berbeda dengan kretek reguler dan kretek non filter. Rokok ini mengandung 14 mg tar dan 1 mg nikotin, hingga termasuk ke dalam produk Low Tar Low Nicotine (LTLN). Genre ‘mild’ dalam jenis rokok memang merujuk pada identitas rasa yang ringan.

Selain rasa yang ringan, diameter rokok ini lebih ramping dari rokok kretek reguler dan kretek non filter. Tembakau dan cengkeh racikannya dibalut menggunakan kertas putih, dilengkapi filter yang juga putih dibalut aksen logo A Mild. Dengan berbagai kriteria itu, maka tak heran banyak orang yang mengawali aktifitas merokoknya dengan mengonsumsi produk ini. Produk sejenis yang jadi kompetitornya adalah LA Lights dari Djarum, Starmild dari Bentoel, Class Mild dari Nojorono, dan beberapa rokok mild lainnya.

Baca Juga:  Hikayat Cengkeh di Ladang Tembakau

Ketika dibakar, kita bisa merasakan sensasi fruity dan sweetness secara bersamaan. Tak ketinggalan cita rasa spicy hasil pembakaran cengkeh khas kretek juga terasa dalam setiap hisapan, meski tak terlalu menghentak di tenggorokan dan juga tidak bikin batuk.

Dengan didominasi warna putih dan aksen merah, menimbulkan kesan mewah. Sampoerna A Mild dijual dalam kemasan isi 12 batang dan 16 batang. Kemasan isi 12 batang kini dijual di kisaran harga 18 ribu – 19 ribu rupiah. Sedang kemasan isi 16 batang dijual sekitar 24 ribu – 25 ribu rupiah. Harga yang ditawarkan lumayan mahal, targetnya jelas pasar menengah dan atas. Tinggal pilih, sesuaikan dengan keuangan masing-masing.

Oiya, produk ini juga sempat menawarkan edisi terbatas kemasan kaleng. Saya tidak tahu pasti apakah produk kemasan kaleng itu masih ada sekarang.

Secara keseluruhan, Sampoerna A Mild cukup disukai pecinta rokok mild, khususnya mereka yang punya kantong agak tebal. Kalau perokok berkantong tipis kayak saya sih, agak jarang merokok ini. Bagaimana dengan kalian?

Baca Juga:  Memanusiakan dan Bersikap Adil pada Perokok
Aris Perdana

Manusia yang dikutuk untuk bebas | @arisperd