macam macam rokok rokok djarum super next

Manfaat Rokok di Tahun 2020 Bagi Masyarakat

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tahun 2020 adalah tahun yang berat, baik bagi perokok maupun masyarakat umum. Untuk perokok, kenaikan tarif cukai yang eksesif di awal tahun membuat harga rokok melonjak tajam. Tidak hanya itu, secara umum, pandemi Covid-19 pun ikut membuat keadaan semakin berat, tidak aman, dan runyam. Untungnya, masih ada manfaat rokok di tahun 2020 yang bisa kita nikmati.

Bagi perokok, kehadiran rokok di masa-masa yang berat ini seperti kehadiran teman yang bisa dijadikan sandaran. Kehilangan pekerjaan, harus bekerja di rumah, tidak bisa keluar bertemu teman, dan masih banyak lainnya. Semua itu, semua rasa frustrasi akibat kondisi pandemi bisa terlampiaskan berkat kehadiran rokok.

Tanpa kehadiran rokok, bagi kami, mungkin tahun 2020 adalah masa yang benar-benar buruk. Bayangkan, dampak dari pandemi saja sudah membuat kita stres. Sialnya, hal ini diperparah kelakuan pemerintah yang membuatnya bertambah buruk. Sudah stres, frustrasi pula. Untung saja manfaat rokok membuat kita bisa lebih rileks dalam menghadapi keadaan ini.

Baca Juga:  Macam-macam Rokok Asli Sumatera

Sementara bagi yang bukan perokok, tenang saja, kalian tetap mendapatkan manfaat rokok kok. Setidaknya, dengan cukai rokok yang dihasilkan dari konsumen, masyarakat bisa sedikit bernafas lega karena BPJS masih dibantu oleh dana cukai. Masih adalah manfaat dari rokok yang bisa kalian manfaatkan.

Di daerah, Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau masih dimanfaatkan untuk jaminan kesehatan. Sementara di pusat, ya digunakan untuk talangan defisit dari BPJS Kesehatan. Toh berdasar aturan, mau itu dana bagi hasil cukai tembakau atau pajak rokok tetap saja digunakan untuk kepentingan jaminan kesehatan nasional. Digunakan untuk kepentingan masyarakat.

Lalu terakhir, bagi negara, manfaat rokok jelas didapatkan mengingat kenaikan tarif cukai yang tinggi untuk tahun 2020. Setidaknya, dengan keberadaan dana cukai negara masih bisa mendapatkan dana segar untuk APBN dan membiayai berbagai macam hal untuk penanggulangan pandemi. Kalau tidak, ya suram lah negara ini.

Begitulah kiranya manfaat rokok bagi masyarakat di tahun 2020 ini. Jika boleh mengutip perkataan teman saya, izinkanlah saya menutup artikel ini dengan kalimat; “kalau nggak ada rokok dan kopi, aku tak tahu lagi harus bagaimana dalam hidup ini.”

Baca Juga:  Rokok Kretek, Penopang Ekonomi pada Zaman Belanda

 

Aditia Purnomo

Bukan apa-apa, bukan siapa-siapa | biasa disapa di @dipantara_adit