Merek Rokok yang Paling Aman

3 Rokok Jaman Dulu Yang Kini Masih Populer

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Sejarah budaya rokok di Indonesia tercatat telah melewati berbilang abad. Pada babak pertama industri rokok, telah dikenal merek rokok yang dipelopori oleh Nitisemito. Pada babak industri rokok selanjutnya beberapa merek lain, hingga sekarang setidaknya ada 3 rokok jaman dulu yang masih populer.

Pakem industri rokok di Indonesia tercirikan dari titik keberangkatannya yang berasal dari usaha keluarga. Hal inilah yang memungkinkan sekali terpeliharanya sistem pengetahuan atas produk serta kelangsungan pasarnya. Tak dipungkiri, salah satunya adalah PT Djarum. Satu dari sekian perusahaan rokok yang berangkat dari bisnis keluarga.

Selain itu, karakter produk rokok yang dipasarkan juga sangat berciri, yakni kretek. Menjadi produk unggulan yang sampai sekarang masih terjaga aspek komposisinya. Berupa penggunaan tembakau dan cengkeh. Sudah menjadi keniscayaan zaman, produk kretek kemudian mengalami pemutakhiran seturut dinamika pasarnya.

Melalui tulisan kali ini, saya akan angkat 3 rokok jaman dulu yang sampai hari ini masih bisa kita temui di pasaran. Merek-merek yang saya sebutkan di sini merujuk pada eksistensi produk yang terbilang sudah lebih dari dua dasawarsa keberadaannya di pasaran. Mari kita simak.

Baca Juga:  Ciuman Dengan Perokok Itu Memang Membahayakan

Minak Djinggo

Produk kretek yang satu ini, terbilang berbeda dari pakem industri rokok pada umumnya. Berdasar sejarahnya PT Nojorono yang berada di Kudus ini adalah perusahaan yang didirikan secara kolektif oleh lima keluarga sekaligus pada tahun 1932. Rokok kretek Minak Djinggo sampai sekarang masih bisa kita temui di pasaran.

Dji Sam soe

Produk Kretek besutan PT HM Sampoerna TBK ini memiliki umur yang cukup panjang. Estafet bisnis dari generasi ke generasi sejak tahun 1912 di Surabaya, membuat kemunculan produk Dji Sam menjadi produk legendaris yang sangat populer di masyarakat. Melejitnya produk SKT ini ditandai sejak 1978. Hingga kemudian melahirkan produk A Mild yang cukup merajai pasar.

Djarum Super

Produk Sigaret Kretek Mesin ini tercatat kemunculannya diawali pada tahun 1970-an. Pada dekade inilah, PT Djarum menjadi salah satu pelopor rokok kretek berbasis mesin. Berbeda dengan produk-produk sebelum tahun 1970-an yang notabene SKT. Dengan bantuan teknologi mesin, kuantitas produksi Djarum secara otomatis meningkat. Sampai saat ini, masih bisa kita temukan rokok Djarum Super beredar di pasaran dan memiliki konsumen yang loyal.

Baca Juga:  Dear Andi Arief, Rokok itu Menenangkan, Narkoba Tidak!
Jibal Windiaz

anak kampung sebelah