pabrik rokok terbesar di indonesia

5 Pabrik Rokok Terbesar di Indonesia

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Negara ini dilimpahi banyak kekayaan alam yang menakjubkan, salah satunya adalah tumbuh suburnya tanaman tembakau. Setiap daerah mempunyai ciri khas tanaman tembakau dan itulah yang membuat Indonesia jadi salah satu penghasil produk tembakau terkenal di dunia. Tembakau telah banyak menyumbang untuk pendapatan negara dan berhasil menciptakan jutaan lapangan pekerjaan dari lahirnya pabrik-pabrik rokok.

Pabrik-pabrik rokoklah yang menyerap hasil panen dari para petani untuk diolah menjadi berbagai jenis dan merek rokok yang sekarang beredar. Dan kesempatan kali ini kita akan membahas beberapa pabrikan rokok terbesar yang ada dan sampai saat ini masih eksis di Indonesia.

1. PT Djarum

PT Djarum adalah perusahaan rokok terbesar yang berpusat di Kudus, Jawa Tengah. Perusahaan ini dikelola oleh keluarga Hartono dan sampai saat ini masih eksis lewat produk-produk rokok terkenalnya seperti Djarum Super, Djarum Coklat, Djarum 76, L.A Lights, dan masih banyak lainnya.

2. PT Gudang Garam

PT Gudang Garam didirikan pada tahun 26 Juni 1958 oleh Tjoa Jien Hwie atau dikenal Surya Wonowidjoyo dan. Saat ini, komplek tembakau miliki PT Gudang Garam saat ini berpusat di Kediri, Jawa Timur. Beberapa produk dari perusahaan ini yang masih eksis antara lain Gudang Garam Merah, GG Mild, Gudang Garam Surya, Surya Professional.

Baca Juga:  Rokok Pelet

3. PT HM Sampoerna

Perusahaan rokok ini juga salah satu yang terbesar di Indonesia yang saat ini berkantor pusat di Surabaya, Jawa Timur. Dahulunya, perusahaan ini memang dikelola oleh keluarga Sampoerna sebelum akhirnya mayoritas sahamnya dijual ke Philip Morris International pada tahun 2005. Beberapa produk rokok dari perusahaan PT HM Sampoerna yang terkenal saat ini seperti Dji Sam Soe, Sampoerna Kretek, A Mild, U Mild, dan masih banyak lainnya.

4. PT Bentoel Internasional Investama Tbk

PT Bentoel Internasional Investama Tbk atau Bentoel Group termasuk dalam salah satu perusahaan rokok tertua dan terbesar di Indonesia. Awal terbentuknya PT Bentoel Group bermula dari pabrik rokok kecil bernama “Strootjes Fabriek Ong Hok Liong”, yang di inisiasi oleh Ong Hok Liong. Di tahun 1954, akhirnya pabrik rokok tersebut berubah nama menjadi PT Perusahaan Rokok Tjap Bentoel. Menurut sejarah, perusahaan inilah yang pertama memproduksi rokok kretek filter buatan mesin dan pembungkus plastik. Beberapa produk dari perusahaan Bentoel yaitu Bintang Buana Raya, Sejati, Bentoel Biru, Dunhill Mild, Ardath, dan lainnya.

Baca Juga:  Tips Aman Merokok di Stasiun Kereta

5. PT Nojorono Tobacco

PT Nojorono Tobacco International atau dikenal PT. NTI didirikan pada tanggal 11 Februari 1932 dan berpusat di Kudus, Jawa Tengah. Produk terkenal dari perusahaan ini adalah Minak Djinggo yang sangat popoler di kalangan masyarakat pesisir dan para nelayan. Ada juga merek lainnya yang juga populer dan masih hits sampai saat ini yaitu Class Mild. Beberapa produk lainnya dari perusahaan ini yaitu Aroma, Nikki Super, Jazy Mild, Maraton Kretek, dan masih banyak lagi.

Itulah 5 perusahaan rokok terkenal yang sampai saat ini masih eksis dan melahirkan produk-produk rokok populer. Kalau rokok favorit kamu, dari perusahaan mana?

Fahrizal Afdillah

Perokok setia