djarum super

Ragam Rokok Indonesia yang Terkenal Di Dunia

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Ada banyak ragam rokok Indonesia, masing-masing memiliki cita rasa tersendiri pada setiap daerah. Faktor alam (tinggi rendahnya dataran) memang berpengaruh besar pada cita rasa tembakau masing-masing daerah. Kekayaan hasil tembakau tersebut melahirkan banyak produk rokok dengan beragam jenis. Salah satu racikan rokok istimewa yang populer di belahan dunia yaitu adalah kretek.

Sudah bukan rahasia lagi kalau salah satu warisan bangsa yaitu kretek mulai banyak disukai masyarakat dunia. Cita rasanya yang khas merupakan salah satu keistimewaan dari rokok kretek. Itu pula yang menjadi faktor makin meluasnya pasar penjualan hingga ke berbagai negara di dunia. Secara rinci, nilai ekspor rokok kretek sebesar US$ 776,1 juta pada 2020.

Membaca keuntungan pasar yang cukup besar tersebut, beberapa pabrikan rokok terkenal di Indonesia coba membuat produk spesial dengan menyesuaikan rasa favorit beberapa negara tujuan pemasaran.

PT Djarum, pabrikan asal kudus ini memproduksi produk rokok Djarum Vanilla. Apakah anda baru tahu tentang produk ini? Ya, anda memang tak akan menemukannya karena produk ini bukan untuk pasar Indonesia. Namun akan sangat mudah anda menemukannya jika berkunjung ke negara seperti Rusia.

Baca Juga:  Kopi dan Rokok, Monumen Historis yang Tak Lekang Dimangsa Zaman

Produk rokok dari PT Djarum yang berhasil menyusul kesuksesan penjualan dari produk Djarum Vanilla yaitu rokok Djarum Spesial. Keduanya menjadi favorit di beberapa negara luar.

Salah satu fakta menghebohkan dari produk tersebut yaitu ketika Selena Gomez tertangkap kamera sedang memegang rokok Djarum Spesial. Secara tak langsung, kita bisa mengasumsikan bahwa selebritis terkenal Hollywood sekelas Selena Gomez menyukai produk rokok buatan pabrikan PT Djarum.

Kalau kita sedikit berandai tentang lingkungan pertemanan dari Selena Gomez. Mungkin bukan hanya dirinya saja yang mengkonsumsi rokok merek tersebut. Bisa jadi beberapa temannya juga, yaakaaan?

Tak hanya itu, PT Gudang Garam juga menyusul kesuksesan penjualan produk rokok asal Indonesia di pasar dunia melalui produk Gudang Garam International dan Surya. Berbagai testimoni dari warga asing sangat bagus pada dua produk rokok tersebut. Bahkan kepopuleran dari produk ini membuatnya masuk di scene komik Jepang. Ajiiib bener kan?

Cukup bangga bahwa kita sebagai perokok ternyata berada di negara dengan kekayaan tembakau. Apalagi saat tahu hasil alam dari tanah air kita berhasil memikat perhatian dunia. Terlepas dari nyinyir para antirokok, bolehkah kita bangga sejenak tehadap fakta tadi?

Baca Juga:  Sampoerna 234 dan Marlboro Crafted, Cara Philip Morris Masuk Ke Pasar Murah
Fahrizal Afdillah

Perokok setia