Persiapan Buleleng Menghadapi Musim Tanam Tahun Ini

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Selain dikenal sebagai tujuan utama destinasi wisata, tidak banyak yang tahu bahwa Bali juga memiliki daerah perkebunan tembakau. Meskipun tidak menjadi yang utama, tapi tembakau adalah salah satu komoditas tanam utama bagi para petani di Buleleng sana. Dan kini, pemerintah daerah tengah mempersiapkan sektor ini dengan lebih serius guna menghadapi musim tanam tahun ini.

Berdasar data tahun lalu, luas lahan yang ditanami tembakau di Buleleng sebanyak 436 hektare. Dari lahan seluas itu, kebanyakan varietas yang ditanam oleh petani adalah tembakau Virginia yang saat ini menjadi salah satu kebutuhan terbesar industri kretek Indonesia. Namun, guna meningkatkan produksi dan kesejahteraan petani, kini Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng telah melakukan persiapan yang cukup serius guna menghadapi musim tanam kali ini.

Seperti yang diketahui, tembakau adalah komoditas yang amat rentan pada cuaca. Karenanya, jika terkena hujan berlebih maka pertumbuhannya akan menjadi kurang baik. Untuk itulah, pada setiap masa jelang musim tanam, perlu ada persiapan yang dilakukan oleh para petani dan dinas terkait agar hasil yang didapatkan saat panen menjadi bagus.

Baca Juga:  Mari Mengucapkan Terima Kasih di Hari Kretek 2017

Pada tahun ini, ada beberapa hal yang disiapkan oleh Dinas Pertanian Buleleng jelang musim tanam, seperti menambah luasan lahan yang bakal ditanami tembakau dan memperbanyak varietas yang ditanam. Jika selama ini hanya virginia yang banyak ditanam, maka varietas macam white burley atau varietas lokal lainnya bakal coba ditanam pada musim ini.

Pada tahun 2014, produksi tembakau di Buleleng mencapai angka 626 ton. Dua tahun kemudian, mencapai angka 750 ton. Maka, jika pada tahun ini luas lahan diperbanyak hingga lebih dari 30%, harapan akan panen yang lebih baik tentu dapat dimiliki petani. Mengingat, tahun ini lahan seluas 610 hektare bakal digarap untuk komoditas tembakau.

Selain itu, Dinas Pertanian Buleleng juga akan melakukan pendampingan secara lebih serius pada petani di musim tanam kali ini. Berbekal pengalaman yang lalu, faktor cuaca menjadi perhatian untuk menghadapi setiap musim tanam yang akan datang. Jadi, ketika musim tanam bakal dilalui dengan curah hujan yang tinggi, petugas dari dinas bakal mengingatkan petani untuk mempertimbangkan besaran lahan yang ditanami.

Baca Juga:  Istri Merokok

Apalagi, saat ini tembakau telah menjadi andalan bagi sebagian masyarakat Buleleng untuk mempertahankan hidup. Karenanya, persiapan matang akan menjadi keharusan pada setia musim tanam. Jangan sampai, pengalaman buruk tatkala produksi anjlok lantaran cuaca kembali terulang pada masa-masa ke depan.

Kesigapan dan persiapan yang dilakukan oleh Dinas Pertanian Buleleng tentu harus diapresiasi. Selain karena keberadaan tembakau yang menjadi penghidupan bagi sebagian masyarakat, tembakau turut memberikan pemasukan untuk pemerintah, baik daerah ataupun pusat. Maka, dengan memberikan bantuan pendampingan pada para petani, aparatur Buleleng telah berlaku adil pada para penghasil keuntungan di sektor tembakau.

Rahmat Baihaqi

Aktif di Komunitas Baca Tangerang