3 Keisengan Perokok Sebelum Rokoknya Dibakar

3 Keisengan Perokok Sebelum Rokoknya Dibakar

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Merokok dikala senggang memang begitu mengasyikkan, apalagi ditemani secangkir kopi panas dan pisang goreng buatan si ibu, sudah bisa saya simpulkan bahwa ini adalah kegiatan paling paripurna bagi perokok. Bahkan, bukan hanya di kala senggang kegiatan merokok kita bisa begitu nikmat, saat mengerjakan tugas, kumpul keluarga besar, dan hang out bareng teman karib, sudah tentu ditemani rokok akan sangat indah.

Dibalik keindahan merokok kita. Terkadang, ada saja tingkah aneh nan iseng yang teman-teman kita lakukan atau mungkin kita. Bahkan, disebagian porokok keisengan ini sudah menjadi tradisi yang hukumnya wajib dilakukan sebelum menyalakan rokok dengan pemantik api. Dan saya sudah melakukan penelitian iseng tentang itu, berikut  daftarnya:

Membakar gabus rokok

Anda yang pernah melakukan ini silahkan acungkan tangan. Kegiatan iseng ini dilakukan untuk para perokok yang gemar dengan rokok kretek filter. Sederhananya adalah kegiatan ini sebenarnya karena ketika kita sedang asyik merokok tanpa kita sadar tangan sebelah kita memegang korek atau terus digenggam untuk menhindari pencurian yang bisa memicu keributan besar.

Biasanya juga, membakar gabus rokok ini dilakukan oleh kita untuk tetap bisa merokok dengan mengandalkan meminta rokok teman yang berbeda merk, para perokok memang selektif dalam memilih merk rokok yang menurutnya racikannya pas untuk disantap. Dan membakar gabus rokok ini sebagai bentuk adaptasi untuk tetap bisa menikmati rokok pintaan dari teman.

Melumuri kretek dengan ampas kopi

Baca Juga:  Kultur Merokok di Jakarta

Keisengan ini adalah keisengan yang paling terniat. Bagaimana tidak, kita harus mengorek-ngorek ampas kopi yang terkadang masih tersisa sedikit air dan harus kita sruput sampai benar-benar kering. Melumuri kretek dengan ampas kopi memang memiliki cita rasa tersendiri untuk para kretekus, sensasi yang ditimbulkan juga berbeda karena asap yang dihasilkan akan memiliki cita rasa kopi.

Kegiatan ini mungkin terinspirasi dari aktivitas cethe yang sudah terkenal dilakangan kretekus. Cethe dilakukan dengan penuh kehati-hatian dan penuh seni, biasanya mereka akan mengukir dengan ragam pola yang bebeda-beda. Tapi, hasilnya akan sama saja karena asap rokok akan memiliki wangi yang khas. Jadi, kalau nyethe karena niat dan persiapan yang matang, kalau sedang iseng ya lumuri saja kretek dengan ampas kopi sisa kita.

Memijit-mijit batang retek

Aktivitas memijit tidak perlu memiliki kemampuan khusus untuk dilakukan, kegiatan ini adalah kegiatan untuk para kretekus yang gemar dengan rokok non filter. Merokok kretek non filter memiliki tradisi yang khas, atau mungkin itu hanya keisengan kalian saja.

Memijit kretek yang terasa padat biasanya dilakukan agar kita tidak terlalu berat dalam mengisap si kretek, karena bisa jadi kita akan tersedak. Jadi, memijit-meijit kretek ini perlu dilakukan sebelum atau saat kretek sudah dinyalakan. Kreteknya nikmat, hisapannnya nikmat, dan perbincangan bersama teman juga nikmat. Lantas, nikmat apalagi yang kau dustakan?

Rahmat Baihaqi

Aktif di Komunitas Baca Tangerang