Perda KTR Ruang Merokok

Seandainya Semua Kantor Pemerintahan Seperti Kantor Imigrasi Tangerang

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Dulu saya kira semua kantor pemerintahan itu sama, kaku dan membosankan. Sudah pelayanannya lama, penuh, eh tidak tersedia ruang merokok. Parahnya, hampir semua kantor pemerintahan sepereti itu, tidak mau memberikan hak perokok. Itu kantor demen banget merampas hak perokok?

Nyatanya, ketika harus membuat paspor beberapa waktu lalu, pandangan tersebut berubah. Tidak semua kantor pemerintahan seperti itu. Tidak semua kantor hobinya merampas hak perokok. Ada juga yang tidak, seperti Kantor Imigrasi Kelas 1 Tangerang.

Semua pandangan buruk tentang kantor pemerintahan musnah di kantor ini. Pelayanannya cepat, ruang tunggu nyaman, kantin yang bebas asap rokok, tapi tak lupa menyediakan ruang merokok. Ini baru kantor pemerintahan yang baik dan benar.

Sejauh pengalaman saya, Tangerang memang bukan daerah yang kaku-kaku amat dalam urusan ini. Dulu ketika harus datang ke pusat pemerintahan Kabupaten Tangerang, saya juga menemukan area merokok. Pun ketika di banyak daerah lain gencar menghajar perokok, Walikota Tangerang justru pernah memberi contoh yang baik dengan keinginan menyediakan pojok merokok di taman-taman yang ada di Kota Tangerang.

Baca Juga:  5 Resolusi Tahun Baru 2019 dari Perokok Santun yang Ingin Tetap Santun

Saya kira Tangerang adalah salah satu contoh terbaik dalam penegakkan Kasawan Tanpa Rokok di Indonesia. Di satu sisi mereka tegas menegakkan aturan, yang merokok sembarangan akan ditindak oleh pihak berwenang. Namun, di sisi lainnya mereka juga bersedia menyediakan ruang merokok di berbagai area dan fasilitas umum. Termasuk kantor pemerintahan.

Penyediaan ruang merokok adalah sebuah upaya Pemerintah Tangerang untuk melindungi masyarakatnya. Untuk yang merokok, mereka diberikan tempat untuk melakukan aktivitas legalnya. Bagi yang tidak merokok, mereka diberikan jaminan agar tidak lagi terganggu paparan asap rokok dari para perokok sembarang. Dengan begini tuntas sudah penegakkan aturan soal KTR.

Balik lagi ke Kantor Imigrasi Tangerang, saya berani menilai bahwa ini adalah fasilitas negara dengan tingkat pelayanan dan kenyamanan yang terbaik. Bukan cuma karena ada ruang merokoknya saya berani bilang begitu. Tapi juga karena pelayanan yang cepat serta ruang tunggu memadai.

Selain area merokok, Kantor Imigrasi Tangerang juga memiliki area bermain anak di ruang tunggunya. Bukan hal aneh jika kita melihat hal semacam ini di Bank atau beberapa tempat lain. Tapi, di kantor pemerintahan, ini adalah kali kedua saya menemukannya setelah di Kantor Pajak Pratama Pondok Aren yang memang dinobatkan sebagai Kantor Pajak Terbaik se-Banten. Sekadar info, di KPP Pondok Aren juga tersedia area merokoknya loh.

Baca Juga:  Diskriminasi Perokok Dalam Pendidikan

Seandainya semua kantor pemerintahan bisa seperti Kantor Imigrasi Tangerang, saya kira tidak bakal ada orang yang merokok sembarangan lagi. Kebanyakan kita merokok karena memang menunggu antrean pelayanan di kantor pemerintahan yang biasanya cukup panjang. Tapi di kantor ini, meski tetap harus menunggu, antreannya tidak terlalu panjang. Selain itu, kalau pun harus menunggu, kita bisa asik sebatang dua batang dulu sebelum kembali menyelesaikan urusan utama. Asyik kan?

Aditia Purnomo

Bukan apa-apa, bukan siapa-siapa | biasa disapa di @dipantara_adit