Press ESC to close

Mengapa Perokok Sulit Menemukan Rokok Inter di Jakarta?

Banyak pertanyaan yang hadir di benak perokok. Mengapa perokok sulit menemukan rokok inter di Jakarta?

Bagi temen-temen sobat kretekus yang berada di wilayah Jakarta dan sekitarnya mungkin sulit untuk menemukan Gudang Garam Internasional. Hal ini wajar mengingat pabrik rokok itu sudah memetakan daerah mana yang akan menjadi prioritas dalam distribusi setiap produk rokoknya. 

Kita ambil contoh Gudang Garam misalnya. Gudang Garam dalam golongan SKM Full Flavor itu mempunyai tiga varian yaitu Gudang Garam Internasional, Gudang Garam Surya dan Gudang Garam Signature. Dari ketiga merek tersebut sudah ada jalur pendistribusiannya. Jalur distribusi ini yang tahu hanya pabrik rokok dan marketingnya saja. 

Hal ini tentu bukan dengan asal menentukan daerah distribusinya, melainkan dengan disurvei terlebih dahulu. Misalnya di daerah Jakarta itu mayoritas suka dengan Gudang Garam Surya dan Gudang Garam Signature. Maka di daerah Jakarta prioritas distribusinya akan kedua rokok tersebut. Rokok Gudang Garam Internasional itu pasti ada di Jakarta, hanya saja tidak semua toko mungkin menyediakan. 

Baca Juga:  Simplifikasi Cukai Rokok Memicu Kebangkrutan Masal Industri Kecil

Akronim Rokok Inter di Jakarta

Selain itu juga, Gudang Garam Internasional ini mempunyai akronim yang beragam. Ada yang menyebutnya dengan rokok filter, rokok GG, Garpit, GP dan Inter. Hal ini sangat penting karena tidak semua toko paham hal ini. Jika pemilik toko merupakan orang yang tidak up to date, maka sebaiknya jika ingin membeli rokok ini sebutlah dengan lengkap. Jangan cuma “Beli rokok Inter, bang.” atau “Beli rokok Garpit, bang”, melainkan “Beli rokok Gudang Garam Filter Internasional, bang.” 

Dengan menyebutkan nama lengkap dari merk rokok Gudang Garam Internasional, saya yakin pemilik toko pasti langsung paham. Rokok lain tidak ada yang mempunyai akronim beragam seperti rokok Gudang Garam Internasional ini. Walau rokok itu juga sama-sama rokok dengan nama besar seperti Djarum Super, Gudang Garam Surya, Magnum Filter dan Wismilak Diplomat. 

Dengan beragamnya akronim dari rokok Gudang Garam Internasional ini merupakan salah satu bukti bahwa rokok ini legendaris dan mempunyai penikmat di penjuru nusantara. Selain itu juga, akronim juga merupakan bukti bahwa negara Indonesia itu kaya akan bahasa. Masyarakatnya pun kreatif dan inovatif.

Baca Juga:  Gudang Garam Filter, SKM Full Flavour Populer di Indonesia

Jika kalian berkunjung di Jogja, kalian harus akrab dengan akronim nama jalan. Misalnya Jalan Kaliurang, kalian bisa menyebutnya dengan jakal. Kemudian Jalan Magelang, kalian boleh untuk menyebutnya jamal. Hal ini tentu akan membuat bingung pendatang. Namun,. Itulah ciri khas masyarakat Jogja yang Toto Tentrem Kerto Raharjo.  

Bagas Nurkusuma Aji

Bagas Nurkusuma Aji

Videografer di Komunitas Kretek. Lahir dan besar di Turi, Sleman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *