kretekindonesia

Ragam Jumlah Batang dalam Sebungkus Rokok

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Sebagai seorang perokok, tahukah kalian jika jumlah batang rokok berbeda-beda dalam satu bungkus, baik merek maupun jenisnya. Seperti yang kita ketahui ada berbagai  jenis kretek yang diproduksi. Saya kira sebagai seorang kretekus, ini perlu saya beri tahu, apalagi buat kalian yang berprinsip “rokok apa aja masuk”, sebab tentu saja untuk golongan kretekus yang ini, mereka tak mementingkan rasa, anteng pada satu merek dan hanya mementingkan kuantitas, maklum, karena apa aja masuk, jadi yang penting banyak. Tapi ini juga perlu diketahui oleh orang-orang  yang suka pada satu rasa, atau punya selera seperti manis, menthol atau suka yang “berat”

Untuk itu saya akan beritahu jumlah batang pada setiap bungkus rokok, kalian harus simak baik-baik.

Pertama adalah Klobot. Klobot adalah rokok yang dibungkus menggunakan kulit jagung. Kalian yang sudah coba pasti tahu rasanya, begitu mantap dengan aroma yang menyengat. Jumlah batang pada satu bungkus klobot adalah 6 batang. Bagi kalian yang bilang ini sedikit, ingat jumlah tidak menentukan rokoknya cepat habis atau tidak. Ingat itu.

Baca Juga:  Mari Belajar Cara Menghitung PPN Rokok

Kedua, jumlah batang rokok dalam satu bungkus adalah 12 batang. Biasanya ini adalah jenis rokok SKM (Sigaret Kretek Mesin) dan mereknya terkadang laku sekali di tempat nongkrong saya. Rokok merek Gudang Garam Filter (Gepe), Djarum Super. Kretek non-filter atau SKT juga jumlahnya 12 batang, seperti Djarum Coklat, Samsu, Sampoerna Kretek. Tinggal pilih saja, sesuai selera.

Lalu ada juga yang berjumlah 16 batang dalam satu bungkus. Umumnya pula kategori SKM  (Sigaret Kretek Mesin), kita juga kadang menyebutnya dengan istilah rokok kecil, di antaranya saja LA light, Sampoerna Mild, Djarum MLD dan Surya Pro 16. Saya tak begitu menyenangi rokok ini, karena terlalu enteng dan cepat habis. Lagipula saya punya tipe beda sebagai perokok, apa saja masuk tapi dengan syarat bukan yang cepat habis.

Tapi kalian semua tidak harus terpaku pada jumlah yang diterangkan di atas, ada kok pilihan dalam jumlah lain dari merek yang samaa. Semisal rokok Sampoerna Mild, ada yang dalam kemasan 12 batang, pun dengan Djarum MLD.

Selain itu ada beberapa merk yang punya batang sangat banyak, yakni 20 batang, ini adalah jumlah maksimal dalam satu bungkus, seperti Dunhill,  Djarum MLD yang putih, dan Rokok Dewa, karena sekarang peminat rokok ini sangat banyak dan menjamur, persis para fans Manchester City, tak lain dan tak bukan adalah MarLong (Marlboro Bolong).

Baca Juga:  Kretek Simbol Kemandirian Bangsa

Nah kretekus, itulah jumlah batang rokok pada setiap merek dengan jumlah yang  bervariasi serta beragam jenisnya. Dengan rasa yang tentunya berbeda-beda dan tentu saja punya penggemarnya masing-masing. Kalian bisa pilih sesuka hati, tentu pula saya tak bisa memaksakan prinsip kalian, yang sesuai selera ya silakan, yang mementingkan jumlah juga tak apa. Intinya, kita punya cara masing-masing dalam menyukai kretek.

Fajar Restu

Nggak bisa tidur kalau belum diucapin selamat malam