ttembakau virginia lombok

Regosol, Tanah yang Cocok Untuk Tembakau Virginia Tumbuh Subur

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tembakau virginia adalah jenis tembakau yang cocok tumbuh di tanah regosol. Jenis ini menjadi salah satu bahan impor paling besar yang masuk Indonesia. Dunia internasional menyebut tembakau ini dengan sebutan Brightleaf Tobacco. Indonesia yang memiliki sejumlah gunung api aktif maupun mati memungkinkan tembakau berdaun lebih terang dari jenis lainnya ini tumbuh dengan baik.

Tanah regosol adalah hasil erupsi gunung berapi. Jenis tanah ini bertekstur dan berbutir kasar dan berasal dari material gunung api. Warna tanahnya bervariasi dari merah kuning, coklat kemerahan, coklat dan coklat kekuningan—bergantung material dominan yang dikandungnya. Tanah jenis ini bersifat subur karena mengandung hara seperti P dan K yang masih segar, cenderung gembur serta kemampuan menyerap air tinggi.

Di setiap daerah yang memiliki gunung api aktif maupun mati semisal di Bengkulu, Pantai Sumatra Barat, Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara Barat. Tembakau virginia cocok betul tumbuh di daerah-daerah tersebut. Sebetulnya tembakau virginia ini adalah salah satu dilema besar dalam dunia pertembakauan di Indonesia.

Baca Juga:  4 Perusahaan Rokok Raksasa Dunia

Ini adalah jenis tembakau yang banyak tidak disukai sebagian petani, tetapi menghidupi sebagian lainnya. Virginia dikenal rendah nikotin dibanding dengan jenis tembakau lokal seperti kemloko. Di Amerika Serikat, ini adalah salah satu jenis tembakau paling banyak digunakan oleh industri.

Tanah yang kerap dijadikan lahan subur untuk tembakau virginia ini secara umum berwarna keabuan dan bersifat peka terhadap erosi. Secara umum pula jenis tanah ini terbagi dua; regosol abu vulkanik dan regosol bukit pasir.

Jenis yang bukit pasir tekstur tanahnya kasar namun mudah diolah, mempunyai permeabilitas yang baik. Semakin tua tekstur maka semakin halus, namun permeabilitas kurang baik. Umumnya terdapat di sepanjang garis pantai.

Jenis yang abu vulkanik biasanya terdapat di sekitar bangunan api dengan visiografi vulkanik fan, bahan kasar di tengah lahan halus di tepi. Pada umumnya mempunyai tekstur yang semakin halus semakin produktif.

Seperti yang kita ketahui, warna daun tembakau virginia yang lebih terang dari tembakau lainnya ini disebabkan tingginya kadar air yang terserap. Selain itu, kadar hara yang mumpuni pada tanah di lahan yang terbentuk akibat erupsi ini sudah bisa dipastikan bagus untuk tembakau.

Baca Juga:  Bagaimana Cara Negara-negara Dunia Menangani Puntung Rokok?
Jibal Windiaz

anak kampung sebelah