jenis rokok la lights

Menebak Jenis Rokok Pembakar Gedung Kejaksaan

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Rokok memang penyebab kebakaran. Sudah menyebabkan gunung dan hutan terbakar, eh sekarang malah pindah ke kota untuk membakar gedung Kejaksaan. Gilanya lagi, gedung tersebut dilalap api selayaknya terbakar di neraka. Kita tentu heran, jenis rokok macam apa yang bisa membuatnya terbakar begitu dahsyat?

Nah agar membuat rasa penasaran jadi menghilang, saya pun melakukan sedikit riset kecil-kecilan untuk menebak rokok seperti apa yang berhasil membuat gedung tersebut terbakar. Apalagi, jika dibandingkan, tentu puntung rokok biasa yang sekecil itu tak mungkin bisa membakar sebuah gedung dengan begitu dahsyat. Ini pastilah model rokok yang berbeda.

Setelah berselancar di mesin pencari google, eh maksudnya melakukan riset kecil-kecilan, akhirnya saya menemukan beberapa jenis rokok yang mungkin saja menjadi penyebab kebakaran tadi. Ada beberapa jenis rokok yang sebenarnya bisa membuat sesuatu terbakar dengan begitu dahsyatnya. Inilah beberapa rokok yang mungkin saja membuat gedung kejaksaan terbakar.

Pertama adalah Cerutu Kuba paling besar sedunia yang dibuat di Clearwater Florida. Cerutu besar bernama El Cigante itu konon dibuat dengan menggunakan tembakau untuk lebih dari puluhan ribu batang cerutu. Cerutu dengan harga $ 185 ribu atau  Rp 2.717.372.500 itu dibuat untuk kebutuhan promosi saja dan dibuat oleh seorang pria bernama Juan Panesso.

Baca Juga:  Diskusi Buku Perlawanan Politik dan Puitik Petani Tembakau

cerutu

Cerutu dengan panjang 19 meter dan lebar 3 meter tersebut dibuat dengan 16 ribu daun tembakau. Kalau mau dikalkulasi, kurang lebih jumlah tembakau sebanyak itu bisa membuat sekitar 15 ribu cerutu dengan ukuran normal. Oh ya, berat dari cerutu paling besar ini juga tak tanggung-tanggung, sekitar 725 kilogram, atau hampir mencapai 1 ton.

Cerutu ini sendiri telah disimpan selama bertahun-tahun oleh Juan Panesso di sebuah toko yang menjual berbagai jenis cerutu langka dengan harga mahal. Diletakkan di dalam wadah khusus yang juga besar, cerutu ini memang menjadi perhatian banyak kolektor cerutu di dunia. Sayangnya, saat ini saya gagal menemukan kabar di mana cerutu tersebut berada belakangan ini.

Jadi, mungkin saja kalau cerutu raksasa tersebut diambil oleh seseorang untuk kemudian dengan ceroboh (atau juga bisa disengaja) dibuang puntungnya di lantai 6 gedung kejaksaan. Hal itulah yang kemudian bisa membuat gedung besar itu terbakar dengan dahsyat karena puntung rokok. Atau, memang hanya jenis rokok ini saja yang bisa melakukannya.

Baca Juga:  Menyimpan Mbako dalam Slepen
Aditia Purnomo

Bukan apa-apa, bukan siapa-siapa | biasa disapa di @dipantara_adit