Merek Rokok yang Paling Aman

4 Rokok Indonesia Paling Legendaris

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Jika kita mau sebentar saja menilik sejarah perjalanan produk rokok Indonesia, maka akan tergambar banyak hal menarik di dalamnya. Tembakau, kretek, dan Indonesia—semacam unsur budaya yang masing-masing begitu erat kaitannya.

Negeri ini melahirkan banyak jenis produk tembakau dengan cita rasa yang menakjubkan. Melalui proses demi proses, hingga akhirnya tercipta berbagai merek baru seiring waktu dan perkembangan zaman. Inovasi dari berbagai pabrikan rokok pun terus dilakukan sebagai proses membaca ketertarikan konsumen pada cita rasa.

Dari ratusan—atau bahkan ribuan—produk rokok, dari dulu hingga sekarang, mungkin sudah ada yang berhenti diproduksi dengan alasan tertentu. Tapi, kita perlu tahu bahwa ada produk rokok Indonesia yang dari awal diproduksi hingga sampai saat ini masih bertahan. Konsistensi tersebut setidaknya bisa jadi salah satu alasan untuk menyebutnya sebagai rokok legendaris.

Walaupun mungkin tidak cukup untuk menyebutkan satu persatu produk rokok tersebut, kami telah merangkumnya versi Komunitas Kretek. Berikut ini adalah 4 rokok Indonesia paling legendaris:

Baca Juga:  Mencari Alternatif Produk Olahan Tembakau

Minak Djinggo

Kalau mungkin salah satu dari anda mempunyai nenek, kakek, ataupun sebutan lain sejenisnya—yang merupakan seorang perokok—pasti sudah akrab dengan produk rokok Minak Djinggo. Nama dari merek dagang tersebut lekat dengan budaya Indonesia karena diambil dari salah satu tokoh perwayangan jawa.

Minak Djinggo merupakah produk dari salah satu perusahaan rokok terbesar di Indonesia yaitu PT. Nojorono Tobacco Internasional. Dari awal diproduksi pada tahun 1932, produk ini masih malang melintang di pasaran Indonesia sampai sekarang.

Klobot Gudang Garam

Rokok klobot bisa dikatakan sebagai produk tembakau legendari di Nusantara. Artinya, produk ini sudah malang melintang bahkan sebelum diksi Indonesia ada. Tersebar kabar bahwa dulunya Pangerang Diponegoro amat gemar mengonsumsi jenis rokok ini.

PT Gudang Garam menjadi salah satu perusahaan yang terkenal memproduksi rokok klobot. Dikutip dari beberapa sumber, Gudang Garam memproduksi klobot sejak tahun 1953. Produk klobot ini sangat laku keras hingga kurun 1979, tahun-tahun yang mulai dimaraki oleh varian rokok modern dengan komposisi dan tampilan berbeda. Sampai sekarang, masing banyak penikmat dari rokok klobot loh.

Djarum Super

Baca Juga:  Bagaimana Cara Rokok Esse Bisa Masuk Ke Pasar Indonesia?

Ini adalah produk unggulan dari PT. Djarum. Produk ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1981. Komposisinya berasal dari perpaduan antara tembakau Jawa dan Madura yang berkualitas tinggi. Selain terkenal di Indonesia, produk ini juga telah menembus pasar Internasional.

Hingga kini, kepopuleran produk Djarum sudah tak perlu diragukan lagi. Sebab, produk ini benar-benar mampu diterima berbagai kalangan. Cita rasa yang khas membuat banyak penikmatnya tetap loyal pada produk ini.

Comodore

Comodore merupakan salah satu rokok putihan yang terkenal asal Sumatera Utara. Komposisi tembakau yang dominan pada produk ini adalah jenis tembakau virginia dan tembakau barley dengan melalui perpaduan khusus. Rokok ini merupakan produksi PT Bentoel Group yang kemudian dialihkan ke PT Adhitama Sejahtera Abadi.

Itulah beberapa produk rokok Indonesia yang legendaris di pasaran. Apakah anda merupakan salah satu penikmatnya sampai sekarang?

Fahrizal Afdillah

Perokok setia