rokok klobot
Ragam

Ragam Merek Rokok Klobot di Pasaran

Rokok klobot adalah satu dari beberapa ragam jenis rokok yang sampai saat ini produksinya masih dikerjakan secara manual. Jenis rokok ini unik, karena bungkus batang rokok tak menggunakan kertas papir, melainkan menggunakan kulit jagung. Kalau anda kelahiran 90-an sampai 2000-an, mungkin akan sedikit asing dengan istilah klobot. Sebab, Klobot adalah produk sepuh yang sampai saat ini masih ada dan menjadi bagian dari warisan bangsa.

Walaupun sekarang produksinya tak lagi masif seperti saat masa jayanya, namun kini masih ada beberapa merek klobot yang masih beredar di pasaran. Walaupun saat ini segmentasinya pasarnya terbatas, tapi masih ada ragam merek klobot yang masih eksis sampai sekarang. Berikut adalah beberapa di antaranya.

Klobot Cengkir Gading

Pabrikan Rokok Cengkir Gading saat ini berpusat di Nganjuk. Walaupun masih tetap memproduksi rokok kretek jenis lain, namun kuota terbesar produksi tetap di jenis klobot dengan besaran 70%. Setiap harinya, pabrikan ini bisa memproduksi jenis klobot hingga di kisaran 40-50 ribu batang. Sampai saat ini, loyalitas dari para pecinta Klobot Cengkir Gading masih sangat tinggi. Harga Klobot Cengkir Gading saat ini masih di angka kurang dari 10 ribu.

Baca Juga:  Republik Kretek dan Destinasi Wisatanya

Klobot Gudang Garam

Mungkin produk rokok klobot dari PT Gudang Garam ini akan lebih mudah anda temui di beberapa toko tembakau. Sebab, sebarannya di beberapa daerah masih cukup tinggi. Dulunya, nama dari produk besutan Gudang Garam ini adalah Inghwie. Sudah sejak 1953 perusahaan memproduksi rokok klobot Gudang Garam dan sempat mengalami masa jaya pada tahun 1979. Klobot Gudang Garam kini bisa dibeli di kisaran harga Rp 7.000 – 8.000.

Klobot Sukun

Menurut beberapa sejarah, dahulu rokok klobot Sukun lebih terkenal dengan merek dagang ‘Siyem’. Cita rasa dari klobot Sukun lebih khas, agak sedikit berbeda dengan merek-merek lain. Dahulu, sosok Mochamad Wartono memulai bisnis rokok rumahan ini pada zaman pasca kemerdekaan. Dari situlah lahir ‘Siyam’ yang merupakan cikal bakal dari Klobot Sukun. Klobot Sukun kini bisa dibeli di kisaran harga Rp 4.000 – 5.000.

Konsumen dari rokok klobot rata-rata adalah masyarakat di dekat laut ataupun di pegunungan. Selain dikenal tahan basah, asap dari rokok klobot yang tebal juga bisa menjadi penghangat tubuh. Apakah anda belum pernah mencoba? Kalau belum, silahkan coba saja dan rasakan sensasi dan cita rasa khas pada setiap tarikannya.

Baca Juga:  Menilik Siasat Merokok Petugas Pom Bensin
Penulis di Komunitas Kretek